UNTUK INDONESIA
Cerita Traveler Perjalanan Pakem - Malioboro - Parangtritis
Seorang traveler berbagi cerita tentang perjalanan naik transportasi umum di Yogyakarta, Trans Jogja dan Damri. Dari Pakem-Malioboro-Parangtritis.
Perjalanan naik Damri jurusan Malioboro - Parangtritis. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Bus Damri belum lama ini membuka delapan rute baru yang memanjakan wisatawan di Yogyakarta maupun Jawa Tengah bagian selatan. Dari delapan rute tersebut, salah satunya Malioboro - Parangtritis. Seorang traveler, Arif Kurniawan, berbagi cerita tentang pengalamannya naik bus ini. Dia berangkat dari rumahnya di Pakem, Sleman, Yogyakarta. Berikut ceritanya.

Arif berangkat Terminal Pakem pukul 09.00 WIB, terletak 8 kilometer sebelah selatan Taman Wisata Kaliurang. Setelah menunggu 5 menit bus Trans Jogja koridor 3 datang. Bus langsung penuh terisi penumpang. Bus jurusan Pakem-Bandara Adisutjipto ini merupakan armada uji coba jadi gratis sampai akhir Desember 2020.

Bus melaju santai tiba di Bandara Adisutjipto pukul 09.50 WIB. Kemudian masuk shelter dengan membayar Rp 3.500 per orang. Tidak berselang lama, bus Trans Jogja jalur 1A tujuan Malioboro datang. Sekitar 30 menit sudah tiba di shelter Malioboro 1.

Traveler YogyakartaPerjalanan naik transportasi umum di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Menjelang pukul 11.00 WIB, iring-iringan mobil Damri tujuan Borobudur dan Goa Kiskendo memasuki halaman Grand Inna Hotel. Mobil Damri tujuan Parangtritis tidak masuk halaman hotel. Armada yang masuk tujuan Pantai Baron. "Saya jadi kagol karena menurut info-info di medsos bus Damri tujuan Parangtritis melewati Malioboro, tapu kok ga masuk halaman Grand Inna," ungkap Arif.

Kemudiam muncul medium bus Damri bertuliskan Malioboro-Parangtritis melintas. Arif lari tergopoh-gopoh melambaikan tangan dan akhirnya berhasil naik bus tersebut. 

"Selama perjalanan saya ngobrol dengan pengemudi yang ramah. Cara pembawaan busnya sabar dan halus. Nah di situ saya dapat info bahwa ternyata armada jurusan Malioboro-Parangtritis tidak masuk halaman Grand Inna karena kendala manuver (medium bus) lalu lintas padat," katanya. 

Traveller YogyakartaPantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

Info lainnya jam pemberangkatan armada dari Malioboro pagi jam 06.00 dan 07.00, siang jam 11.00 dan 12.00. "Oiya jangan lupa bayar ongkos Rp 15.000 per orang langsung sama pengemudi. Ongkos segitu terbilang murah, karena bisa naik armada bus baru, full AC dan music, post USB hampir di setiap baris, bagasi atas luas, seat empuk nyaman dan lega. Tarif Rp 15.000 itu saat melintasi pos TPR tidak dikenakan biaya masuk tambahan," jelasnya.

Oiya jangan lupa bayar ongkos Rp 15.000 per orang langsung sama pengemudi. Ongkos segitu terbilang murah.

Sekitar pukul 12.40 WIB sampai di terminal Parangtritis atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Malioboro. Perjalanan agak lama karena melewati kepadatan lalu lintas Kota Yogyaarta dan mampir terminal Palbapang Bantul untuk kontrol penumpang. Sebelum turun pengemudi menginformasikan bus berangkat lagi ke Malioboro pukul 14.00 WIB. 

"Ada waktu satu jam lebih untuk jalan-jalan di pantai. Atau kalau masih ingin berlama-lama di pantai bisa ikut armada yang berangkat pukul 15.00 WIB," kata Arif.

Traveler YogyakartaPenumpang menunggu di halte bus. (Foto: Istimewa)

Arif memutuskan perjalanan pulang naik bus yang sama waktu berangkat tadi. Pukul 14.00 bus berjalan meninggalkan terminal Parangtritis. "Penumpang dalam bus hanya saya, istri dan anak, jadi serasa nyewa bus pribadi. Saya turun di Hotel Limaran kemudian naik Trans Jogja dari shelter Taman Pintar," katanya.

Dari Shelter ini ada dua pilihan menuju rumahnya di Pakem. Transit di Bandara Adisutjipto atao di terminal Condongcatur. "Saya acak saja bus yang pertama tiba yang saya naikin. Ternyata yang tiba duluan jalur 1A tujuan Prambanan. Sekitar pukul 15.45 WIB berangkat dari shelter Taman Pintar," ujarnya.

Setibanya di Bandara Adi Sucipto, menunggu sekitar 10 menit armada Trans Jogja tujuan Pakem tiba. Alhamdulillah menjelang Maghrib tiba dengan selamat di terminal Pakem. 

"Kesimpulan ongkos transportasi umum dari Pakem sampai Malioboro Rp 7.000 per PP, dari Pakem - Malioboro - Parangtritis Rp 37.000 per orang PP. Mari dukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional & Pemulihan Ekonomi Nasional, Ayo naik bus biar ga macet," kata Arif penuh semangat. []

Baca Juga:

Berita terkait
Warga Yogyakarta Kebingungan Rekayasa Lalu Lintas Malioboro
Sejumlah warga Yogyakarta masih kebingungan dengan dengan rekayasa lalu lintas di kawasan Maliboro saat uji coba hari kedua.
Curhat Kusir Soal Rekayasa Lalu Lintas Malioboro Yogyakarta
Uji coba rekayas alalu lintas di kawasan Malioboro Yogyakarta mulai 3 November 2020 dikeluhkan oleh pelaku wisata di sana.
Alasan Malam Jumat Kliwon Parangtritis Diperketat
Tiap malam Jumat dan Selasa Kliwon, wisata Pantai Parangtritis Bantul, Yogyakarta diperketat penjagaannya. Ini alasannya.
0
Cerita Traveler Perjalanan Pakem - Malioboro - Parangtritis
Seorang traveler berbagi cerita tentang perjalanan naik transportasi umum di Yogyakarta, Trans Jogja dan Damri. Dari Pakem-Malioboro-Parangtritis.