UNTUK INDONESIA
Cegah Covid-19, Pasar Payakumbuh Ditutup Sepekan
Pusat pertokoan di Pasar Payakumbuh ditutup selama tujuh hari demi memutus rantai penyebaran Covid-19.
Pemko Payakumbuh akan menutup aktivitas pusat pasar Kota Payakumbuh mulai Senin, 4 Mei 2020. (Foto: Tagar/Aking Romi Yunanda)

Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, resmi menutup aktivitas pasar selama sepekan. Kepastian itu tertuang dalam surat edaran Wali Kota Payakumbuh nomor 23/GTPP-Covid-19/V-2020 tentang penutupan toko/kios di pasar pusat pertokoan Payakumbuh terhitung sejak Senin, 5 Mei hingga 10 Mei 2020.

Enam warga kita di Kota Payakumbuh yang terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruhnya berprofesi pedagang pasar.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya antisipatif penyebaran virus Covid-19 di wilayah Payakumbuh. Sebab, sudah terjadi peningkatan kasus warga terinfeksi virus corona terhitung Minggu, 3 April 2020.

"Enam warga kita di Kota Payakumbuh yang terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruhnya berprofesi pedagang pasar," kata Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda.

Sejumlah titik pasar yang ditutup mulai dari Eks Bioskop Kencana-Kawasan Toko Emas Tinggi (deretan toko Mas Asia). Deretan Es Tebak Pak Bahar di ruas jalan Jalan Ahmad Yani, seputaran Toko Mas Rambuti, seputaran Soto Che hingga pasar buah-buahan.

"Khusus pedagang buah akan kita pindahkan ke pasar tradisional Ibuah," katanya.

Sementara, pasar yang menjual kebutuhan pokok atau pangan seperti Pasar Ibuh Payakumbuh tetap akan dibuka. Begitu pula sistem pengamanan pasar, dipastikan akan lebih diperketat. Semua pedagang akan diterapkan aturan sesuai protokol kesehatan.

"Kita akan mewajibkan ke seluruh pedagang dan pembeli yang berinteraksi di pasar agar memakai masker dan mencuci tangan. Ini demi memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Saat diberlakukan penutupan pasar, tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 akan turun melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala. []


Berita terkait
Ikhtiar Pedagang Kecil Payakumbuh di Tengah Corona
Pedagang kecil di Kabupaten Limapuluh Kota tetap berjualan di tengah Covid-19 demi kebutuhan hidup dan tanggungjawab.
Warga Payakumbuh Bantu Pasien Covid-19
Warga Kota Payakumbuh bersama-sama membantu pasien terpapar Covid-19.
Kasus Pertama di Payakumbuh, Pedagang Positif Corona
Seorang pedagang di Pasar Payakumbuh dinyatakan positif Covid-19. Ini menjadi kasus pertama di daerah itu.
0
Cegah Covid-19, Pasar Payakumbuh Ditutup Sepekan
Pusat pertokoan di Pasar Payakumbuh ditutup selama tujuh hari demi memutus rantai penyebaran Covid-19.