Cegah Covid-19, LG Luncurkan Robot Disinfeksi Canggih

Perusahaan raksasa teknologi, LG Electronics, memperkenalkan robot penyemprot disinfeksi baru di Korea Selatan guna memutus penularan Covid-10.
Robot disinfektan LG (foto: LG Electronics)

Jakarta - Perusahaan raksasa teknologi, LG Electronics, memperkenalkan robot  disinfeksi baru di Korea Selatan, yang siap digunakan untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19). Produk ini dipamerkan di ajang Korea Electronics Show 2020 di COEX sepanjang 9-12 Desember 2020.

Gelombang kedua pandemi Covid-19 melanda sejumlah negara yang di mana kebutuhan pencegahan akan virus corona kembali dicari. Untuk membantu memeriksa penyebaran virus, LG telah meluncurkan robot disinfeksi yang dilengkapi dengan lampu ultraviolet-C (UV-C) di sisinya.

Teknologi UV-C sendiri merupakan bentuk sinar ultraviolet, lebih pendek dari UV-A dan UV-B. LG menyatakan lampu UV-C mempunyai panjang gelombang emisi antara 100 hingga 280nm yang efektif dalam membunuh kuman.

Perusahaan teknologi asal Negeri Gingseng itu juga mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Korea Conformity Laboratories, sebuah lembaga penelitian nasional menunjukkan bahwa lampu UV-C pada robot tersebut terbukti 99,9 persen efektif membunuh bakteri coliform dan staphylococcus aureus dari radius satu meter.

Dari segi desain, robot disinfektan LG memiliki tinggi 160cm serta dilengkapi dengan teknologi penggerak otonom sehingga dapat melewati rintangan. Hal tersebut dirancang untuk mendisinfeksi objek dan area yang dapat dijangkau dengan tangan.

Robot disinfektan LGRobot disinfektan LG (foto: LG Electronics)

Rencananya, LG akan menerapkan robot ini di tempat–tempat yang terdapat banyak ruang terpisah dan independen, seperti sekolah, rumah sakit, dan hotel.

Robot tersebut akan membantu meringankan beban kerja para petugas kesehatan saat disinfeksi menjadi sangat penting karena pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, pihak LG juga mengembangkan alternatif lain yang menyemprotkan disinfektan, alih-alih memiliki lampu UV-C. Alternatif ini akan lebih cocok untuk tempat-tempat dengan area yang terbuka, yakni perkantoran, stasiun transportasi, dan restoran.

Sementara itu, beberapa waktu lalu LG memulai uji coba untuk layanan pengiriman menggunakan robot in-door di kantor pusatnya di Seoul. Lewat uji coba itu, karyawan dapat memesan makanan dari took swalayan melalui aplikasi chatting KakaoTalk dengan meminta robot mengirimkannya kepada mereka.

LG bukanlah satu-satunya perusahaan yang mempunyai robot disinfeksi UV-C. Xenex telah meluncurkan robot LightStrike yang mampu membunuh bakteri 99,9 persen virus SARS-CoV-2 dalam dua menit dalam jarak satu meter. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Samsung Siapkan Kamera Canggih 600MP untuk Smartphone Terbaru
Samsung dikabarkan tengah menyiapkan sensor kamera 600 (MP) megapiksel untuk disematkan pada ponsel pintarnya.
Spesifikasi Chipset Canggih Baru Qualcomm Snapdragon 888
Perusahaan industri komunikasi, Qualcomm, resmi mengumumkan produk chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 888, di Tech Summit Digital 2020.
Robot Mahasiswa UMS Bantu Dokter RS PKU Muhammadiyah Solo
Mahasiswa UMS membuat robot yang akan digunakan tenaga medis RS PKU Muhammadiyah Solo. Robot dapat mencegah penularan Covid-19 dari pasien.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.