Samsung Siapkan Kamera Canggih 600MP untuk Smartphone Terbaru

Samsung dikabarkan tengah menyiapkan sensor kamera 600 (MP) megapiksel untuk disematkan pada ponsel pintarnya.
Logo Samsung

Jakarta - Samsung dikabarkan tengah menyiapkan sensor kamera 600 (MP) megapiksel yang berukuran 1 atau 0,57 inci untuk disematkan pada ponsel pintarnya. Perusahaan asal Korea Selatan ini akan merilis sensor dengan resolusi 600 megapiksel di masa depan, yang diharapkan akan melampaui kemampuan mata manusia.

Laman Gizchina pada Selasa, 8 Desember 2020 melaporkan, kabar ini disampaikan oleh salah satu informan, Ice Universe. Ia telah mengkonfirmasi bahwa sensor semacam itu memang sedang dalam pengembangan.

"Samsung benar – benar mengerjakan sensor 600MP!" tulis Ice Universe dalam kicauan singkat di akun Twitter, dikutip Tagar, Selasa, 8 Desember 2020.

Ice Universe merupakan informan yang cukup kredibel, pasalnya ia lah yang pertama kali mempublikasi gambar nyata dari Galaxy S20. Ice Universe juga mengonfirmasi bahwa dia memiliki kontak seseorang di departemen pengembangan perusahaan Negeri Ginseng tersebut.

Dalam gambar yang ia unggah, menunjukkan bahwa kameranya akan mengisi 12 persen dari body belakang smartphone. Unit kameranya akan menonjol sebesar 22 mm di atas panel belakang ponsel pintar tersebut.

Kamera Samsung 600MPBocoran gambar sensor kamera ISOCELL 600MP yang sedang disiapkan Samsung (foto: Twitter/UniverseIce)

Untuk mengatasi ukuran kamera perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini dilaporkan akan menggunakan teknologi ISOCELL pixel binning agar nantinya tonjolan kamera tidak terlalu tebal.

Sensor ini nantinya bisa mengatasi masalah detail dalam bidikan zoom, dan mampu merekam video 4K atau 8K. Ada banyak rintangan dan tantangan yang harus dilalui Samsung untuk dapat membuat sensor kamera ISOCELL 600MP ini menjadi kenyataan.

Maka itu, sensor kamera 600MP ini tak mungkin hadir dalam waktu dekat. Bisa jadi, setelah sukses dengan lensa 108MP, Samsung akan menjajal sensor 192MP. Saat ini Huawei P40 Pro + memegang rekor dengan sensor terbesar, yakni 1 /1,28 inci.

Hingga kini, sensor kamera 108MP milik Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi salah satu ponsel pintar dengan kamera terbaik saat ini. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Spesifikasi Chipset Canggih Baru Qualcomm Snapdragon 888
Perusahaan industri komunikasi, Qualcomm, resmi mengumumkan produk chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 888, di Tech Summit Digital 2020.
Kecanggihan Kamera dan Baterai Realme 7 yang Tahan Lama
Penggunaan Realme 7 selama sepekan membuktikan ponsel ini tanggung dan mampu diajak mobiltas yang tinggi karena daya tahan baterai yang tahan lama.
Spek Samsung Galaxy S21 Bocor, Pakai SD888 dan RAM 8GB
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 telah beredar menjelang peluncurannya pada awal tahun 2021 mendatang.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.