Spesifikasi Chipset Canggih Baru Qualcomm Snapdragon 888

Perusahaan industri komunikasi, Qualcomm, resmi mengumumkan produk chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 888, di Tech Summit Digital 2020.
Chipset Snapdragon 888. (Foto: Qualcomm)

Jakarta - Perusahaan industri komunikasi, Qualcomm, resmi mengumumkan produk chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 888, di Tech Summit Digital 2020. Rencananya, chipset ini akan mentenagai jajaran ponsel flagship yang akan dirilis pada 2021 mendatang.

"Snapdragon 888 5G menawarkan pengalaman premium yang layak Anda dapatkan," kata Lekha Motiwala, Director Product Management Qualcomm Technologies Inc, dalam presentasi virtual, dikutip Tagar pada Rabu, 2 Desember 2020.

Qualcomm lebih memilih penamaan 888 pada chipset terbarunya, bukan Snapdragon 875 seperti dirumorkan karena tidak ingin mengikuti tradisi yang menggunakan akhiran angka lima. Sejumlah peningkatan juga dibawa chipset penerus Snapdragon 865 ini.

Teknologi 5G

Keunggulan utama Snapdragon 888 adalah peningkatan besar untuk dukungan jaringan 5G. Chipset ini memiliki modem 5G X60 yang sudah menyatu dengan system on chip (SoC). Berbeda dengan Snapdragon 865, yang menggunakan chip modem 5G terpisah.

Modem RF-System generasi ketiga itu memiliki kompatibilitas mmWave dan sub-6 5G di semua band utama di seluruh dunia. Kompatibilitasnya mendukung agregasi operator 5G, multi-SIM global, 5G Standalone, 5G Non-standalone, FDD, TDD, dan Dynamic Spectrum Sharing.

"Artinya, semakin banyak network (jaringan) menghadirkan koneksi 5G yang sangat cepat sehingga kamu bisa menikmati aplikasi favorit, dengan baterai yang tahan seharian di mana saja," kata Lekha.

AI Engine

Chipset ini didukung AI Engine generasi keenam dengan prosesor Qualcomm Hexagon. Menjanjikan peningkatan performa lebih besar dan penghematan daya untuk menggunakan fitur kecerdasan buatan.

Qualcomm mengklaim, mesin AI terbaru ini performanya mencapai 26 tera per detik (TOPS) sehingga lebih pintar, cepat, dan hemat daya. Mesinnya juga semakin ditingkatkan oleh Qualcomm Sensing Hub generasi kedua, yang menggabungkan pemrosesan AR selalu aktif berdaya rendah untuk fitur-fitur baru yang intuitif dan cerdas.

"Semua peningkatan ini menjadikan Snapdragon 888 lompatan AI terbesar yang pernah ada. Membuat perangkat kamu lebih pintar dan semakin cepat," klaim Lekha.

Chipset Snapdragon 888Chipset Snapdragon 888. (Foto: Qualcomm)

Fotografi

Qualcomm Spectra ISP di Snapdragon 888 5G menawarkan kemampuan komputasi fotografi yang semakin cepat. ISP baru ini memungkinkan pengguna mengambil foto dan video dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12 megapiksel. Peningkatan kecepatannya 35 persen dibandingkan seri sebelumnya.

"Ketika kamu punya smartphone yang ditenagai Snapdragon 888, artinya kamu memiliki kamera profesional di kantongmu," tutur Lekha, menegaskan.

Elite Gaming

Snapdragon 888 juga akan membawa paket fitur Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga, yang dilengkapi updateable GPU Driver, Desktop Forward Rendering, dan frame rate mencapai 144fps. Pada sektor grafis, kinerja Adreno GPU juga ditingkatkan, tetapi belum diketahui sejauh apa peningkatan spesifiknya.

"Snapdragon Elite Gaming akan tersedia di ratusan juta pengguna Android dan memiliki peningkatan terbesar Adreno GPU," kata SVP and GM of Mobile Compute and Infrastructure Qualcomm Technologies Inc, Alex Katouzian.

Kerjasama 14 Vendor

Ada 14 vendor ponsel yang siap menggunakan chipset Snapdragon 888 tahun depan. Vendor ponsel itu, antara lain Xiaomi, Samsung, Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, OnePlus, Nubia, Motorola, Oppo, Vivo, Sharp, dan ZTE. []

(Alfina Nur Hayati)

Berita terkait
AS Ganti Presiden, Qualcomm Pasok Lagi Chipset untuk Huawei
Kini AS di bawah kepemimpinan Biden, Qualcomm mendapatkan izin untuk menjual kembali chipset 4G kepada Huawei.
Bocoran Spesifikasi Smartphone ZTE Blade 20 Pro 5G
Perusahaan raksasa telekomunikasi ZTE resmi merilis produk smartphone terbaru mereka, yakni Blade 20 Pro 5G.
Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagikan ke Medsos
Berikut Tagar rangkumkan langkah membuat Spotify Wrapped 2020 dan membagikannya ke sosial media.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional