Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Air Es

Kebanyakan kaum hawa pasti ingin memiliki tubuh langsing atau ideal. Berikut ini cara menurunkan berat badan dengan air es.
Ilustrasi Menimbang Berat Badan. (Foto: grinvalds)

Jakarta - Kebanyakan kaum hawa pasti ingin memiliki tubuh langsing atau ideal, sehingga mereka selalu melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, usaha yang telah dilakukan tersebut sia-sia dan tidak membuahkan hasil. Jangan khawatir air es bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencapai berat badan ideal tersebut. 

"Minum air putih atau air es sebelum makan akan membuat kamu menjadi cepat kenyang dan makan menjadi lebih sedikit, sehingga dapat menurunkan berat badan kamu," kata dr. Hayatun Nufus melalui melalui channel YouTube Dokterpedia.net, seperti yang dikutip Tagar, Selasa, 22 September 2020. 

Dokter Nufus sapaan akrabnya itu mengatakan air es juga baik untuk dikonsumsi saat berolahraga karena dapat membantu mendinginkan tubuh. "Minum air es membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan air masuk kedalam tubuh dengan cara membakar kalori untuk meningkatkan metabolisme tubuh," ucap dia. 

Kata dia, air putih atau air es memang pilihan sehat dan juga murah karena kedua minuman tersebut tidak mengandung kalori dan bebas dari gula. Air putih juga dianggap lebih sehat dibandingkan minuman manis yang mengandung gula maupun pemanis buatan. Itu karena tambahan pemanis tersebut bisa merusak gigi dan juga menaikan berat badan jika sering diminum.

"Nah, jika kamu bosan mengonsumsi air tawar, coba buat air es menjadi infused water atau air mineral yang dipadukan dengan potongan buah yaitu dengan cara merendam air dengan campuran jeruk lemon, jeruk nipis, semangka atau mentimun di dalamnya," ujar dr. Nufus. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan air mineral dengan jus murni untuk membuat minuman segar yang rendah kalori. Meski air sangat baik bagi kesehatan, Anda disarankan tidak terlalu banyak minum air putih atau air es, terutama untuk penderita jantung, tekanan darah tinggi, atau pembengkakan pada kaki.

"Memang sih air es dipercaya dapat menurunkan berat badan, akan tetapi untuk mencapai berat badan yang diinginkan kamu tetap rutin olahraga, mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, serta menjauhi makanan dan minuman manis, dan juga menghindari makanan berlemak," tutur dr. Nufus.

Dokter Nufus juga menganjurkan khusus kaum hawa yang ingin menurunkan berat badan tetap menjalankan pola hidup sehat dan tidak sembarangan melakukan diet ketat agar efeknya tidak membahayakan kesehatan tubuh.

"Bila perlu kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi mengenai pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu sekarang," ujarnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Minuman Berkhasiat Menjaga dan Menurunkan Berat Badan
Banyak orang ingin menurunkan berat badan, tetapi tidak memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Padahal minuman bisa membuat berat badan naik.
Tujuh Tips Menurunkan Berat Badan dengan Madu
Madu bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa menurunkan berat badan tanpa efek samping.
Cara Jaga Berat Badan Saat Kerja di Rumah
Ketika harus melakukan aktivitas di dalam rumah tentu membuat selera makan akan meningkat. Hal ini pasti mempengaruhi kondisi berat badan.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.