Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cantik Saat Menopause

Menopause adalah karena penurunan kadar hormon estrogen. Inilah cara merawat kulit saat menopause untuk membantu mengurangi efek penuaan dini.
Ilustrasi - Merawat Kulit. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Salah satu gejala perimenopause adalah perubahan pada kondisi kulit seperti elastisitas berkurang serta terasa lebih kering dari biasanya. Tak hanya sebelum, perubahan kondisi kulit ini juga kemungkinan akan terus berlanjut hingga Anda sudah masuk ke fase menopause.

Berdasarkan Hallosehat, perubahan kondisi kulit serta rambut setelah Anda mengalami menopause adalah karena penurunan kadar hormon estrogen. Hal ini karena hormon estrogen berfungsi untuk meningkatkan kadar air serta kekenyalan kulit.

Berikut adalah cara merawat kulit saat menopause untuk membantu mengurangi efek penuaan dini.


1. Gunakan produk anti-aging

Selain menggunakan produk yang mampu melembapkan kulit, Anda juga perlu memilih produk untuk merawat penuaan pada kulit saat menopause.

Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan produk serum yang mempunyai kandungan bahan aktif seperti retinol, vitamin C, vitamin A, niacinamide, kolagen, dan lain-lainnya.

Kandungan ini bermanfaat untuk membantu meminimalisasi kerutan, noda hitam, iritasi, hingga jerawat yang berisiko besar muncul saat menopause.


2. Mengaplikasikan sunscreen

Sebenarnya, sunscreen atau tabir surya sudah perlu Anda gunakan sejak masa perkembangan remaja untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar matahari.

Kemudian penggunaan sunscreen untuk merawat kulit saat menopause juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya noda hitam dan warna kulit tidak merata. Pilih sunscreen yang mengandung SPF 30 – SPF 50 untuk perlindungan lebih lama dan maksimal.


3. Konsumsi makanan kaya kolagen dan antioksidan

Saat Anda mengalami menopause, kadar hormon estrogen dan produksi kolagen menurun. Akibatnya, kulit juga akan kehilangan elastisitasnya.

Selain menggunakan produk skincare, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kolagen serta antioksidan untuk merawat kulit saat menopause.


4. Rutin berolahraga

Berapapun usia Anda, olahraga adalah cara yang baik untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit termasuk saat menopause. Olahraga saat menopause dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen agar kulit tetap terlihat cerah sekaligus sehat.

Manfaat olahraga lainnya selain perawatan kulit setelah menopause adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, mengatasi depresi, meningkatkan kepadatan tulang, sekaligus menjaga tubuh tetap bugar. []

Berita terkait
Ketahui Jenis Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit!
Semua orang setidaknya pasti punya produk untuk mencuci muka guna menghilangkan kotoran dimuka sehabis beraktifitas sehari-hari. Ini jenisnya.
4 Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah
Bagi kamu yang suka membersihkan wajah dengan tisu basah, kamu perlu mengetahui efek sampingnya. Nah, berikut adalah efek sampingnya.
Ini Penjelasan Soal Masalah di Wajah Disebabkan Skincare
Simaklah perbedaan kedua jenis kulit, sensitive skin dan sensitized skin, menurut dokter kulit bersertifikat dari New York City Marisa Garshick.
0
Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cantik Saat Menopause
Menopause adalah karena penurunan kadar hormon estrogen. Inilah cara merawat kulit saat menopause untuk membantu mengurangi efek penuaan dini.