UNTUK INDONESIA
Cara Mengatasi Vagina Sakit Saat Berhubungan Seksual
Sebagian wanita merasakan sakit di bagian vagina saat berhubungan seksual. Berikut cara mengatasinya.
Ilustrasi Hubungan Intim Suami-Istri. (Foto: Pixabay/sasint)

Jakarta - Tak jarang wanita merasakan sakit di bagian vagina atau miss v saat melakukan hubungan seksual. Nyatanya hal ini tidak boleh diremehkan karena bisa membuat gairah menurun bahkan merusak hubungan seksual dengan pasangan.

Dokter umum Richard Yehezkiel mengatakan cara mengatasi agar vagina tidak sakit ketika berhubungan seksual, pertama, cobalah minta pasangan untuk melakukan foreplay terlebih dahulu. "Foreplay adalah pemanasan sebelum berhubungan seks dengan melakukan aktivitas sensual untuk meningkatkan gairah Anda dan juga pasangan," katanya melalui channel YouTube DokterKita, seperti dikutip Tagar, Minggu, 9 Agustus 2020.

Ketika wanita mengalami rangsangan seksual akan terjadi pembengkakan pembuluh darah pada jaringan di bawah dinding vagina yang disebut dengan kelenjar bartholin. Kelenjar ini berfungsi sebagai pelumas alami yang dihasilkan tubuh saat berhubungan intim.

Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan yoga atau mandi dengan air panas, bahkan ngobrol santai dengan pasangan.

Miss V yang kering bisa menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seksual. Sehingga, Anda disarankan melakukan foreplay sebelum berhubungan intim. Selain foreplay, Anda juga bisa menggunakan lubricant atau pelumas tambahan guna mencegah rasa sakit di vagina. 

"Perlu diingat bahwa lubricant yang digunakan tidak boleh sembarangan dan juga sebaiknya menggunakan lubricant yang berbahan dasar air," ucap dr. Richard.

Menurut dr. Richard, ukuran penis yang terlalu besar bisa menyebabkan vagina merasa sakit saat berhubungan seks, ini terjadi karena tertekannya leher rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri. 

"Mengatasi hal tersebut disarankan untuk mengubah posisi saat berhubungan seks. Sebagai contoh, bisa mencoba posisi woman on top yang memberikan kontrol sepenuhnya pada wanita untuk mengatur dalam dan juga cepatnya saat berhubungan seks," ujarnya.

Dia juga menjelaskan stres bisa mempengaruhi terhadap kesehatan dan kehidupan seks. Kondisi ini bisa membuat Anda tegang, sehingga rasa nyeri bisa timbul saat berhubungan seksual. "Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan yoga atau mandi dengan air panas, bahkan ngobrol santai dengan pasangan," tutur dr. Richard.

Ketika sudah melakukan beberapa cara tersebut namun rasa sakit masih terasa, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

"Pemeriksaan yang cepat dan juga tata laksana yang tepat tentunya akan membuahkan hasil yang lebih baik," kata dr. Richard. []

Baca Juga:

Berita terkait
Ciri-ciri Kemandulan pada Pria dan Wanita
Kemandulan terjadi bukan hanya pada wanita saja. Tetapi pria juga bisa mengalami hal yang sama. Berikut ciri-ciri kemandulan pada pria dan wanita.
Waspadai Bahaya Masturbasi untuk Kesehatan
Masturbasi sekarang ini bukan hal yang tabu lagi didengar oleh kebanyakan orang. Namun ada bahaya atau risiko yang harus diwaspadai.
Penyebab dan Cara Mengobati Mimisan Sendiri di Rumah
Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi di hidung dan kerap dialami banyak orang. Berikut penyebab dan cara mengobati mimisan sendiri di rumah.
0
Cara Mengatasi Vagina Sakit Saat Berhubungan Seksual
Sebagian wanita merasakan sakit di bagian vagina saat berhubungan seksual. Berikut cara mengatasinya.