7 Cara Menyeduh Kopi agar Lebih Sehat

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan agar kopi yang kita konsumsi menjadi minuman sehat.
Ilustrasi Kopi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kopi adalah salah satu minuman populer di dunia, sangat nikmat jika diminum di pagi hari sebelum bekerja, atau siang hari saat jam istirahat di kantor untuk melepas penat. Tapi perlu diingat, kopi mengandung banyak kafein yang bisa menimbulkan ketergantungan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga bisa menimbulkan berbagai efek samping, diantara aulit untuk tidur atau insomnia, sakit kepala atau pusing, jantung berdetak lebih cepat atau menyebabkan irama jantung yang tidak normal.

Namun, kita tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa kita gunakan agar kopi yang kita konsumsi menjadi minuman sehat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa tips untuk mengubah kopi anda dari sehat menjadi super sehat.


1. Perhatikan batas waktu meminum kopi

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama kopi begitu populer. Ini memberi anda sentakan energi dan membantu anda tetap terjaga ketika anda merasa lelah.

Tetapi jika Anda minum kopi di sore hari, itu bisa mengganggu tidur anda. Kurang tidur dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan. Tidak minum kopi setelah pukul dua sampai tiga sore adalah pedoman yang baik. Karena tidak semua orang sama sensitifnya terhadap kafein.

Menghindari kopi di sore hari akan meningkatkan kualitas tidur Anda.


2. Pilih merk berkualitas, sebaiknya kopi organik

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk konsumsi manusia

Jika anda khawatir dengan kandungan pestisida pada kopi, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik. Yang mengandung jumlah pestisida sintetis yang jauh lebih rendah.


3. Hindari membuat kopi dengan gula

Gula dapat menyebabkan segala macam penyakit serius seperti obesitas dan diabetes, terutama karena jumlah fruktosanya yang tinggi.  Jika anda tidak bisa membayangkan menjalani hidup tanpa pemanis dalam kopi, gunakan pemanis alami seperti stevia.

Jadi, hindari menambahkan gula ke kopi. Jika anda secara teratur mengubah kopi menjadi manis, karena akan menghilangkan manfaat kesehatannya secara keseluruhan.


4. Tambahkan kayu manis ke kopi anda

Kayu manis adalah rempah-rempah lezat yang sangat cocok dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jika membutuhkan sedikit rasa, coba tambahkan sejumput kayu manis, khasiatnya akan lebih bagus. Untuk menurunkan risiko potensi efek samping, pilih kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia yang lebih umum, jika memungkinkan.


5. Hindari Minum Terlalu Banyak

Minum kopi terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan, karena, aupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas orang bervariasi.

Secara umum, Health Canada merekomendasikan konsusmsi kopi tidak melebihi 1,1 mg per pon (2,5 mg per kg) berat badan per hari.

Mengingat bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein,  itu setara dengan  sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat 176 pon (delapan puluh kg).

Namun, jumlah kafein yang jauh lebih tinggi (empat ratus sampai enam ratus mg) per hari (sekitar empat sampai enam cangkir) tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang.


6. Hindari krimer rendah lemak dan buatan

Daripada menggunakan krimer rendah lemak dan buatan lebih baik menggunakan bahan lain, seperti minyak kelapa, santan, susu almond, dengan takaran yang pas. Bahan alami yang tumbuh umumnya merupakan pilihan yang lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Misalnya, susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. Jadi, gunakanlah bahan alami sebagai campurannya.


7. Tambahkan kakao

Kakao sarat dengan antioksidan dan terkait dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi Anda untuk menambah rasa. []



Baca Juga :







Berita terkait
Efek Samping Kopi yang Patut Diperhatikan
Selian manfaat, kopi juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan ketika konsumsi berlebihan.
Efek Samping Minum Kopi Pada Gigi
Minuman kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga memiliki efek samping pada gigi.
Catat 7 Khasiat Mengejutkan Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
Selain untuk mencegah kantuk, ternyata kopi memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.
0
7 Cara Menyeduh Kopi agar Lebih Sehat
Ada banyak cara yang bisa kita gunakan agar kopi yang kita konsumsi menjadi minuman sehat.