Cara Mudah Untuk Membuat Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat

Meditasi bukan satu-satunya cara untuk mengatasi stres dan membuat tubuh lebih sehat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Banyak orang mengangap meditasi adalah cara yang paling ampuh untuk membuat tubuh dan pikiran lebih sehat. Dua hal ini menjadi kebutuhan karena padatnya berbagai kegiatan, mulai dari bekerja, sekolah, mengurus rumah tangga, dan urusan lainnya yang melelahkan dan memicu stres.

Namun, meditasi bukan satu-satunya cara untuk mengatasi stres. Para ahli kesehatan berbagi cara sederhana untuk diterapkan sehari-hari agar membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat.

Dilansir dari Men’s Health, inilah beberapa tips mudah untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat.


1. Push up

Sebuah penelitian yang terhadap lebih dari 1.100 petugas pemadam kebakaran menemukan bahwa mereka yang dapat melakukan lebih dari 40 push-up memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang dapat melakukan kurang dari sepuluh push up.

Kemampuan untuk menyelesaikan repetisi itu adalah tanda kekuatan otot seluruh tubuh, yang dikaitkan dengan tekanan darah dan kesehatan metabolisme yang baik.


2. Konsumsi karbohidrat tinggi serat

Makanan karbohidrat olahan rendah serat memang nikmat di lidah, tetapi tidak baik untuk jantung. Sebuah studi baru di The New England Journal of Medicine menunjukkan orang yang dietnya mengandung sebagian besar makanan ini memiliki risiko 14 persen lebih tinggi dari kejadian kardiovaskular selama sepuluh tahun dan risiko kematian 25 persen lebih tinggi dari penyebab apa pun.

Menurut ahli, karbohidrat tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi adalahsemangkuk kecil kacang, beri, dan sereal jelai. Selain itu, biji-bijian berserat tinggi seperti quinoa juga baik untuk kesehatan.


3. Kontrol tekanan darah

Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih sehat sekaligus mengatasi stress adalah dengan mengontrol tekanan darah, karena hipertensi dapat merusak hampir setiap organ di tubuh.

"Stres sepanjang hari dapat mendorong tekanan darah tinggi saat Anda terjaga," kata ahli jantung Christopher Kelly dari UNC Health Care di Raleigh.


4. Tenangkan otak

Ahli kesehatan mengatakan, proses menenangkan otak tidak perlu rumit. Mulai saja dari hal kecil, misalnya mematikan layar setidaknya 30 menit sebelum tidur, redupkan cahaya, dan lakukan sesuatu yang menenangkan, misalnya, melakukan hubungan seks dengan suami atau istri, bisa juga dengan mendengarkan musik.


5. Temukan gairah

Terkadang orang merasa hidup stagnan dan tanpa tujuan. Seseorang tidak depresi, tetapi juga tidak bersemangat. Istilah untuk kondisi ini boleh disebut sebagai “merana”.

Psikoterapis New York City, Allison Abrams, menekankan pentingnya membantu memvalidasi apa yang kita rasakan. Salah satu cara untuk membantu menjernihkannya adalah dengan melakukan sesuatu yang membuat kita mengalir, ketika kita sepenuhnya terserap dan fokus pada sesuatu di luar diri kita.

"Ambil langkah menuju apa pun yang membawa Anda ke sana, mungkin memancing, panjat tebing, melukis, atau bercocok tanam," ujarnya. []


Baca Juga :

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

7 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan

Enam Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan











Berita terkait
10 Bunga yang Bisa Jadi Makanan Sehat
Bunga-bunga yang dapat dimakan ini mengandung banyak karotenoid, flavonoid, asam fenolik, antosianin dan flavonol yang kaya antioksidan.
10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
Sejumlah Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan
Banyak dokter merekomendasikan terapi lintah, karena sejumlah studi dan laporan ilmiah telah mengkonfirmasi manfaat metode perawatan ini.
0
Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Harga Mati Wujudkan Indonesia Emas 2045
Kapolri menekankan penguatan sinergitas TNI-Polri menjadi salah satu kunci utama dalam menyukseskan dan mewujudkan visi Indonesia Emas.