TAGAR.id, Jakarta - Tagarians, siapa sih yang tak kenal aplikasi TikTok di era sekangan ini. Di Indonesia, aplikasi ini sangat digandrungi dari berbagai usia. Aplikasi video pendek ini yang awalnya bernama Douyin, memungkinkan penggunanya merekam video singkat diiringi dengan musik.
Dirilis oleh perusahaan asal China yaitu ByteDance pada 2016, hanya butuh satu tahun, Douyin telah memiliki sekitar 100 juta pengguna di dalam China.
TikTok saat ini memiliki sekitar satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, awalnya TikTok dipandang sebelah mata, dicap sebagai aplikasi alayers, bahkan pada 2018 sempat diblokir oleh Kominfo.
Namun, TikTok kembali bersinar sejak pandemi hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 telah tembus angka 22,2 juta!
Inilah salah satu alasan kenapa TikTok makin digandrungi, peluang mendapatkan uang dari TikTok begitu besar lho.
Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Berbeda dari YouTube dengan AdSense-nya, TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang di akun pengguna. Cara mendapatkan uang dari TikTok bisa dengan dimulai dari akun milik Anda sendiri, baik sebagai pemilik brand, akun personal, atau bahkan untuk pemula.
Berikut enam cara mendapatkan uang dari TikTok.
1. Konten Sponsor
Konten sponsor adalah Anda sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu.
Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok.
Dari sana, akan terlihat apakah followers Anda cocok alias target market dari brand.
Cara ini cocok untuk Anda yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, Anda harus berusaha menaikkan followers di TikTok.
2. Donasi atau Payout Coins
Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok saat followers Anda sudah tinggi. Salah satunya dari “donasi” yang diberikan fans saat Anda live streaming di TikTok.
Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang.
Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok. Jadi, usahakan membuat konten yang bermanfaat ya.
Lalu, Kenapa stiker tersebut bisa diuangkan? Ya, karena para fans Anda mendapatkan stiker tersebut dengan membelinya juga.
3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu menjadi TikTok Manager. Cara kerjanya, Anda mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat.
Sasarannya pun bukan hanya content creator, tetapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.
Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi:
- Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement;
- Mengatur strategi content marketing;
- Mengembangkan ide kreatif konten TikTok;
- Mengelola tawaran kerja sama, dll.
Cara ini cocok untuk Anda yang paham seluk beluk dunia marketing.
Di TikTok, tidak menutup kemungkinan untuk viral hanya dalam waktu semalam. Maka sebagai TikTok Manager, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing.
4. Jual Beli Akun TikTok
Jika Anda sudah mahir dalam membangun engagement dengan followers, maka cara terbaik menghasilkan uang di TikTok adalah jual beli akun.
- Konsepnya sangat simpel, yang perlu Anda lakukan adalah:
- Membuat akun dengan minat pada topik tertentu;
- Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement;
- Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama;
Setelah akun menjadi besar, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.
5. TikTok Marketing
TikTok marketing ditujukan bagi Anda pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads.
Sama halnya dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan Anda “terlihat” oleh sasaran yang Anda inginkan.
6. Agensi Influencer
Agensi influencer adalah metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok.
Biasanya agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.
Sebenarnya, TikTok sudah memiliki platform khusus untuk Creator Marketplace. Di sana terdapat fitur spesifik yang bekerja sama dengan influencer.
Namun biasanya, biaya yang harus dikeluarkan lumayan besar. Karena harus dibagi dengan pihak influencer, pembuatan konten, hingga komisi bagi TikTok sendiri.
Nah, di situlah Anda dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok.
Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini.