Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah

Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu tahu cara mencegah jerawat yang benar gar tidak timbul kembali di tempat yang sama.
Jerawat (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Para pria dan wanita cukup sering mengalami masalah jerawat karena lebih banyak melakukan kegiatan fisik dan berada di luar ruangan. Banyak cara yang dilakukan untuk membersihkan wajah dari gangguan jerawat.

Semua orang mengharapkan wajah yang mulus tanpa jerawat, bukan? Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu tahu cara mencegah jerawat yang benar agar tidak timbul kembali di tempat yang sama seperti berikut ini.

1. Tidur yang Cukup

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan oleh banyak orang, khususnya pria adalah tidur. Biasanya sih, laki-laki lebih sering begadang untuk bekerja hingga bermain game online.

Tentu saja hal ini kurang baik untuk kesehatan dan dapat berpengaruh pada kulit wajah. Usahakan untuk tidur minimal 6 hingga 8 jam setiap hari.


2. Siapkan Handuk Khusus Muka

Kulit wajah cenderung lebih sensitif daripada yang lainnya oleh karena itu, lakukan sedikit usaha ekstra dalam merawatnya.

Jika kamu selama ini mencampur handuk untuk wajah dengan badan, ada baiknya kebiasaan tersebut ditinggalkan dengan cara menyiapkan satu handuk kecil khusus muka.

Cara mencegah jerawat dengan mengubah kebiasaan ini memang cukup merepotkan, namun, hal ini perlu dilakukan jika kamu tidak ingin jerawat kembali menyerang.


3. Batasi Penggunaan Make up

Sebagian orang mungkin akan mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan make up secara berlebihan. Padahal, hal ini justru dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu terjadinya breakout pada wajah.

Oleh karena itu, untuk mencegah jerawat muncul kembali, batasi pemakaian make up. Jika ingin merias wajah, gunakan produk yang tidak mengandung parfum dan bebas minyak.


4. Jangan Menyentuh Wajah

Pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Jika wajah sering disentuh dengan tangan yang kotor, bakteri dari tangan bisa berpindah ke wajah dan memicu penyumbatan pori-pori serta munculnya jerawat.


5. Gunakan Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Dehidrasi pada kulit akan memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak dan membuat jerawat mudah muncul kembali.

Pastikan juga tabir surya yang digunakan dapat menghalau sinar UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari keriput dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Saat Kulit Berjerawat, Hindari 3 Jenis Makanan Ini
Penyebab munculnya jerawat di wajah seperti keturunan, hormon, kurang tidur dan juga makanan untuk itu Anda harus menghindari sejumlah makanan.
Membuat Masker Alami dengan 3 Bahan, Bantu Kurangi Jerawat
Berikut tips membuat masker dari 3 bahan saja yang dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah anda.
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
0
Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah
Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu tahu cara mencegah jerawat yang benar gar tidak timbul kembali di tempat yang sama.