Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Memiliki jerawat menjadi hal yang lumrah terjadi terutama diusia remaja yang disebabkan oleh beragam faktor. Berikut cara menghilangkannya.
Ilustrasi - Jerawat. (Foto: Tagar/cnfstore)

Jakarta - Memiliki jerawat tentulah menjadi hal yang lumrah terjadi terutama diusia remaja. Jerawat disebabkan oleh beragam faktor salah satunya faktor hormonal. Namun, jerawat identik dengan meninggalkan bekas. Jerawat juga memiliki jenis yang beragam, begitu pula dengan bekasnya.

Menghilangkan bekas jerawat pun bermacam-macam. Bisa menggunakan cara alami, obat-obatan kimia hingga menjalani beragam treatment. Hal tersebut disesuaikan dengan seberapa berat kasus dari bekas jerawat yang dialami.

Jerawat sebenarnya akan hilang dengan sendirinya beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun untuk membantu mempercepat prosesnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara mengatasi jerawat bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter.

Bahan alami untuk menghilangkan jerawat 

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:


1. Es batu

Es mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.


2. Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. 

Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.


3. Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.


4. Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)


Berita terkait
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Pada Pria
Sama halnya seperti kebanyakan perempuan, pria pun memiliki masalah pada kulit terutama wajah. Simak cara mengatasinya di bawah ini.
Cara Mengurangi Lemak Berlebih di Wajah
Penumpukan lemak di wajah disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebihan.
0
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
Memiliki jerawat menjadi hal yang lumrah terjadi terutama diusia remaja yang disebabkan oleh beragam faktor. Berikut cara menghilangkannya.