UNTUK INDONESIA

Cara Membuat Variasi Puding dengan Biskuit Regal

Puding variasi dari rasa puding seperti cokelat, stroberi dan vanila mungkin terdengar biasa. Tetapi, pernah mendengar puding regal? Ayo bikin.
Potret sajian puding regal yang siap dihidangkan. (Foto: Instagram/siskaliem26)

Jakarta – Puding yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus atau dipanggang tentu tidak asing dicicipi oleh masyarakat Indonesia. Variasi dalam rasa puding semakin lama berkembang. Sajian puding sendiri dapat dinikmati setelah didinginkan terlebih dahulu. Kreativitas masyarakat yang memodifikasi bentuk dan campuran rasa dalam menyajikan puding dengan biskuit regal ternyata terasa nikmat.

Selain itu puding tersebut juga memiliki dua lapis, sehingga dapat memadukan rasa lainnya seperti cokelat pada puding regal. Tidak hanya menjadi pilihan camilan bersama keluarga, puding regal ini juga dapat menjadi ide kreatif untuk dijual dikalangan anak-anak sekolah atau mahasiswa. Berikut resep praktis dalam membuat puding regal di rumah yang dikutip oleh Tagar.

Baca Juga:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat lapisan pertama pada puding tersebut. Siapkan wadah, keluarkan satu bungkus biskuit regal lalu susun searah pada dasar cetakan. Masak 600 ml air bersama satu bungkus agar-agar dan 6 sendok makan gula pasir hingga matang untuk adonan bahan pada lapisan pertama. Jika sudah, tuang adonan rebusan tadi ke dalam susunan biskuit regal dalam wadah cetakan.

Selanjutnya adalah membuat lapisan kedua pada puding regal. Masak lapisan kedua dengan melelehkan 100 gram mentega terlebih dahulu. Lalu pecahkan 5 butir telur dan ambil bagian kuningnya saja. Campurkan kelima kuning telur dengan isi ½ kaleng dari susu kental manis. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata. Masak 500 ml air putih bersama 5 sendok makan gula pasir dan satu bungkus agar-agar.


Potongan Puding RegalPotongan puding regal ketika disajikan. (Foto : Instagram/sweetroom_corner)

Setelah itu, masukan campuran kuning telur tadi dan mentega yang sudah dilelehkan sambil terus mengaduk hingga mendidih. Cek kesempurnaan tekstur puding pada lapisan pertama dengan menusuk adonannya menggunakan tusuk gigi, tetapi jangan ditusuk terlalu dalam. Jika sudah, saring dan tuang hasil masakan dari lapisan kedua ke atas lapisan pertama tadi. Lalu siapkan bahan-bahan untuk membuat lapisan ketiga yaitu, 600 ml air, 3 sendok makan bubuk cokelat, 10 sendok makan gula pasir dan agar-agar sebanyak 1 bungkus.

Baca Juga:

Masak dan campur seluruh bahan-bahan untuk lapisan ketiga, terus diaduk hingga masakan mendidih. Jika sudah, angkat dan saring masakan tersebut untuk dituangkan di atas lapisan kedua. Sebelum menuangkan di atas lapisan kedua, cek kembali kesempurnaan tekstur pada lapisan tersebut dengan tusuk gigi.

Kalau dirasa sudah sempurna, tuangkan lapisan ketiga ke atas lapisan kedua. Diamkan puding tersebut dalam beberapa saat hingga bentuknya menjadi lebih padat. Setelah menjadi padat, puding regal siap disajikan dan dipotong sesuai selera untuk dinikmati. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Unik Kreasi Puding Susu Gula Aren
Puding gula aren menjadi camilan tepat disantap bersama keluarga sambil menemani waktu bersantai. Cara membuatnya juga mudah, berikut resepnya.
Menu Lebaran: Resep Puding Cokelat Lezat
Puding cokelat sangat lezat dinikmati untuk berbuka puasa. Bisa juga disajikan saat Lebaran. Semua orang menyukai puding cokelat ini.
Resep Es Krim Rumahan Mudah Dibuat dan Murah
Es krim bisa dibuat sendiri di rumah. Penasaran seperti apa resep es krim rumahan? yuk simak berikut ini.
0
Cara Membuat Variasi Puding dengan Biskuit Regal
Puding variasi dari rasa puding seperti cokelat, stroberi dan vanila mungkin terdengar biasa. Tetapi, pernah mendengar puding regal? Ayo bikin.