UNTUK INDONESIA
Calhaj dari Sidempuan Meninggal Sebelum ke Mekkah
Seorang jamaah calon haji tergabung dalam kloter 9 asal Kota Padangsidempuan meninggal dunia.
Keluarga dan kerabat mengantarkan jenazah Fakhruddin Pulungan ke pemakaman. (Foto: Istimewa)

Padangsidempuan - Fakhruddin Pulungan, 63, salah seorang jamaah calon haji tergabung dalam kelompok terbang 9 asal Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara meninggal dunia sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Jemaah calon haji dengan nomor manifes 277 ini, kondisi kesehatannya menurun karena mengalami gangguan di bagian jantung. Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Pada Minggu 21 Juli 2019 sekitar pukul 04.30 WIB, jenazah Fakhruddin tiba di rumah duka di Kelurahan Kampung Losung, Kecamatan Padangsidempuan Selatan, Kota Padangsidempuan. Fakhruddin pun dimakamkan sekitar pukul 13.15 WIB.

Juhroito Siregar, pihak keluarga membenarkan kalau almarhum memiliki riwayat penyakit jantung. "Sempat dirawat di RSUD H Adam Malik Medan, namun tidak berapa lama almarhum menghembuskan nafas terakhir," katanya.

Kita belum tahu apakah akan ada pihak keluarga yang menggantikan almarhum untuk berangkat

Muktar Helmi Nasution, salah seorang kerabat yang turut mengantarkan almarhum ke pemakaman menyebutkan, Fakhruddin dikenal sebagai sosok yang ramah dan mudah bergaul.

"Beliau pensiunan guru SD dan dikenal baik di kalangan masyarakat sekitar kediamannya," ungkapnya.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Padangsidempuan, Iyong Sahrial mengakui salah seorang jemaah meninggal karena gangguan kesehatan.

"Kita belum tahu apakah akan ada pihak keluarga yang menggantikan almarhum untuk berangkat. Karena mengingat kondisi pihak keluarga sedang berduka, kita belum ada membicarakan ke arah sana," jawab Iyong melalui sambungan selular.

Iyong menambahkan, selain Fakhruddin, masih ada tiga jemaah lain yang keberangkatannya ditunda karena mengalami gangguan kesehatan. "Saat ini masih dirawat di rumah sakit haji Medan," katanya.

Sebelumnya, Fakhruddin Pulungan sempat dilarikan ke RSUD Kota Padangsidempuan sesaat sebelum pemberangkatan menuju Asrama Haji Medan pada Jumat 19 Juli 2019 petang.[]

Baca juga:

Berita terkait
0
Kurang Minum dan 4 Kebiasaan Bikin Gula Darah Naik
Kebiasaan sehari-hari sering kali diabaikan ternyata bisa menjadi faktot pernyebab kenaikan gula darah.