UNTUK INDONESIA
Para Pejabat Padangsidempuan Pakai Masker di Dagu dan Mulut
Rapat paripurna HUT ke-19 Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara di DPRD setempat dikabarkan berlangsung tanpa protokol kesehatan.
Wali Kota Padangsidempuan, Irsan Efendi Nasution memakai masker menutupi dagunya saat menyerahkan bingkisan pada rapat paripurna HUT ke-19 Pemko Padangsidempuan. (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Rapat paripurna Hari Ulang Tahun ke-19 Pemerintah Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara di gedung DPRD setempat pada Jumat, 16 Oktober 2020, dikabarkan berlangsung dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Banyak peserta rapat memakai masker di bawah hidung, dan ada juga yang memakai masker di bawah mulut. Kemudian, jarak fisik yang tidak diterapkan.

Padahal dalam kesempatan itu dikabarkan turut dihadiri sejumlah pejabat, mulai dari Wali Kota Irsan Efendi Nasution, Ketua PKK Derliana Irsan Efendi Nasution, Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Ketua DPRD Siwan Siswanto, dua orang wakil ketua, yakni Rusydi Nasution dan Erwin Nasution, unsur pejabat dari forum komunikasi pimpinan daerah, dan kepala organisasi perangkat daerah.

Terabaikannya protokol kesehatan itu, diketahui dari foto-foto saat kegiatan rapat paripurna itu. Seperti saat Wali Kota Irsan Efendi Nasution memakai masker menutup dagunya sedang menyerahkan bingkisan.

Kami sudah berkoordinasi dengan sekretariat DPRD mengenai kegiatan tersebut

Dan ada pula foto kumpulan pejabat sedang berdiri, memakai masker di bawah hidung, di dagu dan di leher. Seperti Kepala Dinas Kominfo Islahuddin Nasution dalam foto terlihat sedang berdiri memakai masker di bawah hidung, dan tanpa jarak fisik dengan rekan di sebelahnya.

Masker Pejabat SidempuanSejumlah pejabat di lingkungan Pemko Padangsidempuan, di antaranya Kadis Kominfo Islahuddin Nasution memakai masker di bawah hidung dan tanpa menjaga jarak fisik. (Foto: Tagar/Istimewa)

Wali Kota Irsan Efendi Nasution, Rabu, 21 Oktober 2020, ditanya soal terabaikannya protokol kesehatan itu dan komitmen pemerintah kota dalam penerapannya, tidak menjawab pesan WhatsApp dari Tagar, meski pesan itu sudah dibaca.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Kominfo, Islahuddin Nasution belum menjawab pesan yang sama.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Nurcahyo Budi menyampaikan pemerintah tetap berkomitmen untuk penerapan protokol kesehatan.

"Pada kegiatan paripurna HUT Pemko, kami sudah berkoordinasi dengan sekretariat DPRD mengenai kegiatan tersebut. Namun untuk undangan sendiri sekretariat DPRD yang mengundang peserta, kami hanya di kegiatan upacara di kantor wali kota," jawabnya. []

Berita terkait
Mendagri: Masker Lebih Efektif Buat Kampanye Daripada Baliho
Mendagri Tito Karnavian menilai pemanfaatan hand sanitizer dan masker sebagai bahan kampanye jauh lebih efektif dibanding menggunakan baliho.
Kemenperin Menegaskan SNI Masker Kain Bersifat Sukarela
Kementerian Perindustrian menegaskan, penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) masker dari kain bersifat sukarela.
Lima Cara Hilangkan Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker
Dari kebiasaan memakai masker, terkadang muncul jerawat pada dagu, hidung, atau pipi. Atau bisa disebut maskne atau mask acne.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.