Bu Mega: Anak Muda Jangan Dimanja, Hanya Bisa Demo!

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Jokowi untuk tidak memanjakan generasi muda, karena dianggap hanya bisa demo.
Tangkapan layar video Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri diputar di acara Mata Najwa, Rabu, 28 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok PDI-P)

Jakarta - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri kembali melontarkan narasi kontroversial yang membuat buncah netizen, khususnya kalangan milenial. Mantan Presiden kelima RI itu meminta Presiden Jokowi untuk tidak memanjakan generasi muda, karena dianggap hanya bisa demo.  

"Anak muda kita, aduh, saya bilang sama presiden, jangan dimanja, dibilang generasi kita adalah generasi milenial. Saya mau tanya hari ini apa sumbangsihnya generasi milenial yang sudah tahu teknologi seperti kita bisa viral tanpa harus bertatap langsung?" kata Megawati.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengeluarkan cuitan yang cukup kontras dengan pernyataan Megawati.

"Apa sumbangsih kalian untuk bangsa dan negara ini. Masa hanya demo aja, nanti saya di-bully, saya gak peduli. Hanya demo aja ngerusak, apakah ada aturan dalam demo diijinkan untuk merusak," ujar Ketua BPIP itu.

Menanggapi pernyataan Megawati dalam video peresmian kantor PDI-P itu, Najwa Shihab lewat acara Mata Najwa yang tayang Rabu, 28 Oktober 2020 malam, kemudian melemparkan pertanyaan kepada para bintang tamunya. 

Ernest Prakasa diberikan kesempatan pertama menanggapi pertanyaan Najwa itu. Menurut Ernest, banyak prestasi generasi milenial yang dilupakan oleh Megawati. Terutama tumbuh suburnya Start-Up digital hingga ke level Unicorn dan Decacorn. 

"Saya ini masih milenial, boro-boro demo, anak sudah dua. Menurut saya digital adalah salah satu indikator kemajuan suatu negara. Kita punya banyak prestasi di bidang di digital. Mulai dari start-up sampai atlet E-Sport kita berprestasi di dunia internasional, begitu juga film maker yang menyabet banyak penghargaan dan sebagainya," ujar Ernest.

"Mungkin Ibu Mega terlalu bersemangat sampai lupa ada poin-poin seperti ini. Di Industri kreatif terutama, anak muda punya agility yang mungkin tidak dimiliki generasi sbelumnya sehingga lebih mudah beradaptasi dengan jaman sekarang," tutur Ernest. 

Menariknya, Ernest kemudian menulis cuitan di akun Twitter-nya. Sejalan dengan cuitan Ernest tersebut, Megawati dan Bu Mega menjadi salah satu trending topik di Twitter.  

"Pertanyaan pertama Najwa Shihab ke gw, adalah gimana komentar gw soal statement Bu Mega. Duh Kak Nana, hidup saya lagi lumayan tenang nih," tulis Ernest menambahkan emoticon wajah dengan mulut terkatup.

Di sisi lain, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengeluarkan cuitan yang cukup kontras dengan pernyataan Megawati. Menurutnya, generasi muda justru memiliki andil besar saat ini.

"Di tengah suasana sulit yang menimpa bangsa Indonesia saat ini akibat wabah covid-19, peran aktif kaum muda sangat diperlukan dalam upaya memutus mata rantai penularan virus dan menanggulangi dampak pandemi yang multi dimens," tulis Ma'ruf Amin.[]

Berita terkait
Dinasti Politik Jokowi Meniru SBY, Mega atau Denny Siregar?
Andri Rusta menilai Presiden Jokowi dan keluarga terjebak oleh manisnya kekuasaan, Denny Siregar tak sependapat Jokowi meniru SBY atau Mega.
Perlukah Najwa Shihab Diboikot? Ini Kata Pro Jokowi Sumbar
Melaporkan Mata Najwa ke polisi bukanlah cara yang etis dalam mengkritik media. Lantas, perlukah acara yang dipandu Najwa Shihab itu diboikot?
Survei Inggris: Jokowi, Pria Paling Dikagumi di Indonesia
Presiden Jokowi menduduki puncak daftar sebagai pria paling dikagumi di Indonesia tahun 2020 dengan perolehan suara sebanyak 13,38 persen.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.