UNTUK INDONESIA
BPBD Sumbar Bangun Posko Bencana Objek Wisata Laut
BPBD Sumatera Barat membangun posko bencana di kawasan wisata laut.
Salah satu posko bencana yang telah dibangun BPBD Sumbar di kawasan laut Pesisir Selatan. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), membangun posko bencana di kawasan objek wisata pulau. Hal ini untuk memberikan kenyamanan pengunjung yang ingin menikmati keindahan laut.

Jika terjadi bencana, pengunjung akan berkumpul di posko. Setelah itu kami evakuasi menggunakan kapal cepat.

"Posko bencana ini cara kami memberikan kenyamanan kepada pengunjung pulau, terutama saat terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan," kata Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman, Sabtu, Februari 2020.

Salah satu posko pelayanan penanggulangan bencana dibangun di Pulau Pagang, Kabupaten Pesisir Selatan. Pengunjung bisa mengetahui informasi kebencanaan dan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana di laut.

"Jika terjadi bencana, pengunjung akan berkumpul di posko. Setelah itu kami evakuasi menggunakan kapal cepat bantuan dari BNPB," katanya.

Untuk mempercepat informasi, posko itu juga terhubung langsung dengan pusat pengendali operasi (pusdalops) BPBD Sumbar. Pada hari tertentu, pihaknya juga menyediakan petugas yang siaga di posko tersebut.

Sementara itu, pengelola Pulau Pagang, Heru mengaku sangat terbantu dengan posko bencana BPBD. Menurutnya, saat situasi darurat di pulau bisa disampaikan langsung ke BPBD provinsi.

"Posko ini pasti akan memberikan rasa aman kepada pengunjung," tuturnya. []

Berita terkait
Pulang Luar Negeri, 3 Warga Sumbar Diisolasi di RS
Tiga warga Sumatera Barat diisolasi di RSUP M Djamil Padang. Mereka sakit sejak pulang dari perjalanan luar negeri.
Sumbar Rawan Bencana, Anggaran BPBD Malah Dipangkas
Sumatera Barat kerap diterjangan beragam bencana yang hampir setiap tahun terjadi. Namun anggaran BPBD Sumbar 2020 dipangkas sebesar 30 persen.
Modus Komplotan Pencuri Ternak di 30 Lokasi Sumbar
Komplotan pencuri ternak yang diringkus Polres Payakumbuh, Sumatera Barat, beraksi di 30 lokasi sejak tahun 2016.
0
Duka SMPN 1 Turi Sleman dari Keluarga Magelang
Suwarno tak ada firasat atas kepergian putrinya, Sovie Aulia, pelajar SMPN 1 Turi Sleman, salah satu korban susur sungai Sempor.