UNTUK INDONESIA
Pulang Luar Negeri, 3 Warga Sumbar Diisolasi di RS
Tiga warga Sumatera Barat diisolasi di RSUP M Djamil Padang. Mereka sakit sejak pulang dari perjalanan luar negeri.
Penjabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustavianof. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Tiga pasien asal Sumatera Barat (Sumbar) yang diduga terpapar virus corona, menjalani perawatan dan diisiolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang./ Ketiganya jatuh sakit sepulang dari kunjungan ke luar negeri.

Sesuai standar operasional prosedur, pasien rujukan kami rawat di ruangan isolasi.

Penjabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustavianof mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan swab tenggorokan kepada tiga pasien tersebut. Hasil pemeriksaan akan dikirimkan ke Badan Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

"Sesuai standar operasional prosedur, pasien rujukan kami rawat di ruangan isolasi. Hari ini, kami lakukan swab tenggorokan. Nanti bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, kita kirim ke Litbangkes," katanya, Jumat, 14 Februari 2020.

Pasien perempuan diketahui baru saja pulang dari Malaysia. Sedangkan dua pasien laki-laki, baru pulang ke Sumbar setelah menjalankan ibadah umrah ke Mekah, Arab Saudi. Mereka dirawat di RSUP M Djamil sejak Kamis, 13 Februari 2020.

Menurut Gustavianof, ketiga pasien menderita sesak nafas, demam dan batuk. Saat ini, kondisi sesak nafas yang dialami pasien perempuan sudah mulai membaik. Begitu juga dua pasien laki-laki, keadaannya juga mulai membaik dan sudah bisa berjalan ke kamar mandi.

"Memang ada ke arah infeksi. Menurut tim dokter, lebih ke arah asma dan pneumonia. Kecil sekali kemungkinan corona (Covid-19)," katanya.

Hingga kini RSUP M Djamil masih menunggu hasil laboratorium dalam pemeriksaan swab tenggorokan pasien tersebut. Hasil laboratorium akan keluar empat hari ke depan. []


Berita terkait
Pesan Wakapolri Jelang Pilkada 2020 di Padang
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono meminta Kapolda mengamankan jalannya pilkada 2020.
Tawuran Siang Hari, Tiga Remaja di Padang Diringkus
Tiga pemuda yang terlibat aksi tawuran siang hari ditangkap polisi di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat.
Trase Tol Padang-Pekanbaru Diganti
Pemerintah memindahkan trase pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru dari Sicincin ke Kepala Hilalang, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat.
0
Surat untuk Kepala Sekolah SMPN 1 Turi Sleman
Mana mungkin Kepala Sekolah tidak mengetahui acara di sekolahnya? Surat untuk Kepsek SMPN 1 Turi Sleman usai tragedi pramuka susur sungai.