UNTUK INDONESIA
BNPB Catat 35.502 Korban Banjir Masih di Pengungsian
BNPB merilis data terkini terkait total pengungsi akibat banjir sebanyak 7.699 KK dengan 35.502 jiwa.
Sejumlah warga korban banjir mengungsi di halte Transjakarta koridor 3 Harmoni-Kalideres, Jakarta, Jumat, 3 Janauari 2020. (Foto: Antara).

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data terkini terkait total pengungsi akibat banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan Lebak per Minggu, 5 Januari 2020, pukul 23.00 WIB, sebanyak 7.699 KK dengan 35.502 jiwa.

Jumlah itu turun dari tanggal 4 Januari pukul 18.00 WIB sebanyak 39.102 KK dengan 92.261 jiwa dikarenakan pengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing.

"Terjadi penurunan jumlah pengungsi di DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangsel, Kabupaten Lebak dikarenakan kembali ke rumah masing-masing," tulis akun Twitter resmi BNPB, @BNPB_Indonesia.

Pengungsi banjirYuyuk, pengungsi banjir di Rusun Jatinegara Barat pasrah rumahnya di Kampung Pulo, Jakarta Timur ditelan air sungai Ciliwung pada Rabu, 1 Januari 2020. (Foto: Tagar/Edy YS)

Sementara untuk korban meninggal akibat bencana banjir dan longsor juga bertambah dari yang sebelumnya 60 jiwa pada Sabtu 4 Januari 2020, menjadi 66 jiwa pada Minggu, 5 Januari 2020.

Penambahan data korban jiwa, yaitu di Kabupaten Bogor satu orang dari 16 menjadi 17 jiwa, dan di Kota Tangerang dari satu korban jiwa menjadi enam korban jiwa. Sementara korban hilang tidak terdapat penambahan yaitu dua orang di Kabupaten Lebak.

Selain itu, BNPB juga mencatat penurunan jumlah titik banjir dari sebelumnya terdapat di 11 wilayah kabupaten/kota pada Sabtu, 4 Januari 2020, kini menjadi hanya tinggal di wilayah Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Jakarta Barat.

Warga di beberapa titik lokasi banjir yang sudah surut juga mulai membersihkan rumahnya dari kotoran lumpur sisa genangan banjir. Sejumlah sekolah yang terdampak banjir di DKI Jakarta juga dibersihkan sejak Sabtu, 4 Januari 2020, untuk persiapan hari pertama sekolah pada hari ini setelah libur akhir semester. []

Berita terkait
546 Dokumen Korban Banjir Jaksel Dibenahi
Korban banjir yang ada di wilayah Jakarta Selatan diberikan kemudahan oleh Sudin Dukcapil untuk penggantian dokumen kependudukan.
Hanya 1 Kecamatan Tak Kena Banjir di Jakarta Timur
Sebanyak 10 Kecamatan yang terdapat di Jakarta Timur hanya satu yang tidak terkena dampak banjir.
Jakarta Dikepung Banjir, 22.500 Pelajar Jadi Korban
Hujan lebat menjelang Tahun Baru 2020 hingga Rabu 1 Januari 2019 membuat Jakarta dikepung banjir. Akibatnya 22.500 pelajar terkena dampaknya.
0
Urutan Kejadian Warga Tegal Tewas Dianiaya Tetangga
Hanya karena masalah sepele, remaja di Tegal menganiaya hingga tewas tetangganya sendiri. Urutan kejadian peristiwa itu dibeber istri korban.