BMKG: Aceh Memasuki Puncak Musim Kemarau

Provinsi Aceh mulai memasuki puncak musim kemarau dan diimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.
Sawah di Desa Alue Lim, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe mengalami kekeringan pada tahun 2016. (Foto: Tagar/Agam Khalilullah)

Lhokseumawe – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, wilayah Provinsi Aceh sudah mulai memasuki puncak musim kemarau dan diimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, meskipun memasuki puncak musim kemarau, sebagian wilayah Aceh masih berpotensi terjadinya hujan.

“Pada tahun ini, wilayah Aceh memasuki kemarau basah. Meskipun telah terjadi puncak musim kemarau, maka masih ada potensi terjadinya hujan dalam intesitas ringan di beberapa wilayah,” ujar Zakaria, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Apabila membuka lahan dengan menggunakan metode membakar, maka bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Zakaria menambahkan, suhu udara diwilayah Aceh saat sekarang ini mencapai 34 derajat celsius dan selama dua hari ke depan, diperkirakan bisa bertambah menjadi 35 derajat celsius, karena tidak terjadinya hujan sama sekali.

Dengan memasuki puncak musim kemarau tersebut, masyarakat diimbau agar tidak membukan lahan dengan metode membakar, apabila ingin membuka lahan maka guna cara yang ramah lingkungan.

“Apabila membuka lahan dengan menggunakan metode membakar, maka bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga bisa menimbulkan terjadinya titik-titik panas,” tutur Zakaria.

Baca juga: 

Tambahnya, apabila sudah menimbulkan titik panas, maka bisa menyebabkan terjadinya kabut asap, yang tentunya akan merugikan masyarakat dan juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

“maka kami mengimbau agar saling menjaga dan tidak membakar lahan secara sembarangan, akibat cuaca yang cukup panas, lahan-lahan gambut menjadi kering dan sangat mudah terbakar. Dengan puntung rokok saja bisa membakar sejumlah lahan itu,” kata Zakaria. []

Berita terkait
Wanita yang Tenggelam di Aceh Barat Ditemukan
Seorang perempuan yang dilaporkan tenggelam saat mencari kerang di Aceh Barat telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.
Kata Mualem Soal MoU Helsinki di 15 Tahun Damai Aceh
Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf (mualem) meminta pemerintah pusat segera merealisasi butir-butir perjanjian MoU Helsinki.
Jeritan Eks Kombatan GAM Setelah 15 Tahun Damai Aceh
Bunga api kembali menyala di dalam gelap, letupan senapan pun bersahutan kembali, berdesing, bengang dan sangat liar.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.