Bila Izin Liga 1 Tidak Keluar, Bonek Jogja Tak Kaget

Kompetisi Liga 1 yang tinggal hitungan hari hampir dipastikan batal digelar kembali. Polri tidak keluarkan izin karena pandemi belum berakhir.
Kompetisi Liga 1 yang tinggal hitungan hari hampir dipastikan batal digelar kembali. Polri tidak keluarkan izin karena pandemi belum berakhir. Tampak pertandingan PSS Sleman di Liga 1. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Yogyakarta - Liga 1 dan Liga 2 hampir dipastikan batal digelar kembali. Padahal kompetisi tinggal hitungan hari karena akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2020 yang ditangani laga PSS Sleman melawan Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo. Bonek Mania, suporter Persebaya Surabaya, menilai bukan hal yang mengejutkan bila kepolisian tidak mengeluarkan izin pertandingan dengan pertimbangan pandemi Covid-19.

Liga 1 kemungkinan besar tak berlanjut. Demikian pula Liga 2, kompetisi kasta ke-2, tidak akan digelar musim ini karena pandemi.  Sebelumnya sudah muncul desakan agar Polri yang mengeluarkan izin keramaian untuk menggelar pertandingan. 

Menanggapi situasi yang terjadi terkait Liga 2 dan Liga 2, Budi Tulus, sesepuh Bonek Jogja mengaku tak terkejut bila Polri tak mengeluarkan izin. Terlebih dikaitkan dengan situasi belum menurunnya pandemi.

Ya untuk selanjutnya kami serahkan ke pihak operator liga,. Pastinya mereka tahu langkah antisipatif seperti apa dengan adanya keputusan itu

"Bonek Jogja sebagaimana koordinasi dari para koordinator Tribun Bonek yang ada di Surabaya sudah jauh-jauh hari tidak mendukung kompetisi ini dilanjutkan karena masih adanya pandemi," kata Budi Tulus di Yogyakarta, Selasa, 29 September 2020.

Terlebih, tidak ada yang menjamin bakal tidak muncul kasus baru atau klaster ketika kompetisi Liga 1 tetap digelar. Meski operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap seluruh tim dan penyelenggara pertandingan, namun peluang munculnya kasus baru masih bisa terjadi. 

Apalagi Yogyakarta menjadi pusat penyelenggaraan kompetisi teratas di Tanah Air itu. Pasalnya banyak tim Liga 1 yang ber-home base di Sleman dan Bantul.

"Ya untuk selanjutnya kami serahkan ke pihak operator liga,. Pastinya mereka tahu langkah antisipatif seperti apa dengan adanya keputusan itu," kata dia.

Menurut Cak Tulus, sapaannya, penyelenggaraan kompetisi apalagi di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, tentu sangat berisiko. Bukan hanya risiko kemungkinan munculnya klaster baru di tempat-tempat penyelenggaraan, tetapi juga risiko sosial. Salah satunya dengan kemungkinan adanya suporter yang nekat tetap datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangannya. 

Padahal, operator kompetisi sudah mengeluarkan aturan bahwa setiap pertandingan tak boleh dihadiri penonton serta suporter. Jika ada suporter yang datang ke stadion maka tim yang didukung akan langsung dinyatakan kalah.

Soal kenekatan suporter ini juga dirasakan Bonek Jogja lantaran sudah adanya beberapa Bonek Mania yang datang ke Sleman. Mereka berharap bisa mendukung Persebaya yang akan bertanding di Stadion Maguwoharjo meski dilarang datang ke lokaisi pertandingan.

"Sebelumnya ada satu bus rombongan Bonek, tetapi mereka berwisata ke Gunung Kidul," kata Cak Tulus saat dimintai komentar soal adanya Bonek yang sudah datang di Sleman.

Namun kenyataannya ada beberapa Bonek yang sudah berada di sekitar Stadion Maguwoharjo. Namun mereka akhirnya bisa dipulangkan ke daerah asal.

Baca juga: 

Laga Pertama PSS Vs Persik, Persebaya Tetap Main di Sleman

Persebaya Surabaya Tidak Setuju Liga 1 Dilanjutkan

Menurut Cak Anom, salah satu pentolan lain dari Bonek Jogja, kehadiran Bonek Liar memang tak bisa dibendung lantaran mereka berangkat sendiri-sendiri. Suporrer itu tak berada di bawah koordinator-koordinator resmi Bonek Mania, baik di Surabaya maupun kota lainnya, termasuk Yogyakarta.

"Kalau Liga seandainya tetap berjalan ya memang harus tegas setiap pertandingan tanpa penonton dan harus dikondisikan agar area sekitar stadion steril dari calon penonton," kata dia. []

Berita terkait
Tak Kuasa Halau Bonek Liar Saat Persebaya Berlaga di Sleman
Bonek Mania sempat berada di sekitar Maguwoharjo, Sleman karena ingin dukung Persebaya. Mereka telah dipulangkan ke kota asal meski bisa kembali.
Duh, Bonek Sudah Ada di Yogyakarta Jelang PSS Vs Persebaya
Pertandingan liga bakal tanpa penonton. Namun suporter Persebaya Surabaya, Bonek, sudah berada di Sleman menyambut laga pertama PSS vs Persebaya.
Liga 1 Indonesia Bisa Dihentikan Setiap Saat, Ini Alasannya
Dua stadion di DIY dipakai untuk ajang Liga 1 Indonesia per 1 Oktober 2020. Liga kasta tertinggi di Indonesia ini bisa dihentikan setiap saat.
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.