UNTUK INDONESIA
Laga Pertama PSS Vs Persik, Persebaya Tetap Main di Sleman
Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya gagal jadi pembuka Liga 1 2020. PT LIB mengubah jadwal liga sehingga PSS yang akan hadapi Persik Kediri.
Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya gagal jadi pembuka Liga 1 2020. PT LIB mengubah jadwal liga sehingga PSS akan menghadapi Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis, 1 Oktober 2020. Tampak PSS bertanding di Liga 1. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Jakarta - Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya gagal menjadi pembuka Liga 1 2020. Sebagai gantinya, PSS akan menjamu Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 1 Oktober 2020. Perubahan ini terjadi setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga secara resmi mengubah jadwal pekan awal lanjutan Liga 1. 

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menuturkan perubahan memang dilakukan di saat-saat terakhir digulirkannya kompetisi kasta tertinggi setelah terhenti karena pandemi Covid-19. Namun perubahan ini dilakukan setelah mempertimbangkan masukan klub dan situasi terkini.

Perubahan yang dilakukan pun hanya dengan memindahkan jadwal laga ke-4 dengan pekan ke-8. Dengan demikian, menurut Lukita yang sebelumnya menjadi keynote speaker pada webinar bertemakan "Sepak bola di Masa Pandemi" yang digelar Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY), Sabtu, 26 September 2020 ini, perubahan itu menjadikan PSS batal menggelar laga melawan Persebaya. Sebaliknya, Laskar Elang Jawa akan menjamu Persik.

PSS melawan Persik yang seharusnya digelar pada 22 Oktober, kami majukan menjadi 1 Oktober. Begitu juga dengan pertandingan yang lain

"Perubahan itu kami putuskan setelah mempertimbangkan saran serta masukan dari klub. Ini terkait padatnya jadwal pertandingan dan perubahan 'home base' beberapa klub," ujar Lukita seperti dikutip dari laman resmi Liga Indonesia. 

Meski ada perpindahan jadwal, namun tidak mengubah hari dan tanggal pertandingan. Laga PSS melawan Persik tetap menjadi pembuka kompetisi. 

Duel ini merupakan pertemuan 2 tim juara Liga 2. PSS menjadi juara pada musim 2019. Sedangkan Persik juara di musim lalu. 

"Jadi semua jadwal pada pekan yang sama akan kami tukar. Jadwal pertandingan pada pekan ke-8 ditukar dengan pekan ke-4. PSS melawan Persik yang seharusnya digelar pada 22 Oktober, kami majukan menjadi 1 Oktober. Begitu juga dengan pertandingan yang lain," kata Direktur Operasional LIB Sudjarno.

Baca juga: 

Cari Solusi, Sepak Bola di Tengah Pandemi

Kelanjutan Liga 1 dan 2, Pemerintah Jadi Acuan PSSI

Dengan adanya perubahan itu, Persebaya tetap akan bermain di Sleman. Hanya, tim asuhan Aji Santoso menghadapi Barito Putera yang bermarkas di Maguwoharjo. Laga digelar pada Minggu, 4 Oktober 2020.

Dalam persiapan mengarungi Liga 1, tim-tim juga berpindah markas. Bhayangkara FC, yang sebelumnya berkandang di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, memutuskan pindah ke Stadion Sport Center, Tangerang.

Persipura, semula bermarkas di Stadion Gajayana, Malang. Namun tim Mutiara Hitam kemudian pindah ke Stadion Kanjuruhan yang juga terletak di kota apel itu. Madura United yang sempat memindahkan markas ke Gelora Delta Sidoarji, memutuskan berkandang di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan. 

Berikut Jadwal Pertandingan Liga 1 Pekan Ke-4

Kamis 1 Oktober 2020

18.30: PSS Sleman vs Persik Kediri (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

Jumat 2 Oktober 2020
18.15: Madura United vs Borneo FC (Stadion Ratu Pemelingan)
20.30: Bali United vs PSIS Semarang (Stadion Sultan Agung)

Sabtu 3 Oktober 2020
18.15: Persela Lamongan vs Persipura Jayapura (Stadion Surajaya)
15.30: PS Tira Persikabo vs Persiraja Banda Aceh (Stadion Pakansari)
20.30: Arema FC vs Persija Jakarta (Stadion Kanjuruhan)

Minggu 4 Oktober 2020

15.30: Persita Tangerang vs Bhayangkara FC (Stadion Sport Center)
18.15: Barito Putera vs Persebaya Surabaya (Stadion Maguwoharjo)
20.30: PSM Makassar vs Persib Bandung (Stadion Sultan Agung) []

Berita terkait
PSM Sayangkan Jadwal Berubah Jelang Digulirkannya Liga 1
PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengubah jadwal pertandingan Liga 1. PSM Makassar menyayangkan perubahan jadwal saat liga akan dimulai.
Duh, Bonek Sudah Ada di Yogyakarta Jelang PSS Vs Persebaya
Pertandingan liga bakal tanpa penonton. Namun suporter Persebaya Surabaya, Bonek, sudah berada di Sleman menyambut laga pertama PSS vs Persebaya.
Awas, Slemania Dilarang ke Stadion Dukung PSS di Liga 1
Slemania, salah satu kelompok suporter PSS Sleman, memastikan tidak datang ke stadion saat tim bertanding. Suporter patuhi larangan ke stadion.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.