Pemerintah Kota Makassar

Berikut Cara Investasi Emas yang Aman bagi Pemula

Jika Anda ingin memulai untuk berinvestasi emas, berikut cara-cara yang dapat diperthatikan sebelum memulai berinvestasi emas.
Menabung emas (Foto: Tagar/Pixels/Michael Steinberg)

Jakarta - Memulai terjun dalan dunia investasi memang tidaklah mudah. Perlu kesiapan pengetahuan, dana, dan juga mental. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham, deposito, tanah, hingga emas. 

Emas merupakan investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia karena mudah didapatkan dan juga dicairkan. Selain itu, emas juga memiliki harga yang relatif stabil.

Jika Anda ingin memulai untuk berinvestasi emas, berikut cara-cara yang dapat diperthatikan sebelum memulai berinvestasi emas.


Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. 

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.


Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. 

Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. 

Meski emas dikenal memiliki harga yang stabil, akan tetapi ada kalanya emas mengalami penurunan dan kenaikan harga. Pada saat – saat itulah anda dapat memanfaatkan memontum untuk menjual atau membeli emas.


Beli emas di tempat yang terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya. 

Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi. 

Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.


Tempat penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. 

Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. 

Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.


Fokus masa depan

Cara investasi emas yang selanjutnya adalah fokus di masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni bisa 10 sampai 15 tahun mendatang. 

Jadi saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang. 

Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan.

Itulah lima tips dan cara investasi emas yang bisa diikuti oleh pemula. Emas hingga kini masih difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi. Sehingga penting bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas.[]


(Ratu Mitha Amelia)


Baca Juga:

Berita terkait
Gladies, Siswi SMP Raih 3 Medali Emas untuk Jawa Timur
Atlet yang masih duduk di bangku SMP Gladies Lariesa Garina berhasil mendapatkan 3 medali emas sekaligus untuk kontigen Jawa Timur di PON XX Papua.
Dheya Nazhira, Peraih Medali Emas PON Pulang dengan Angkutan Umum
Nama atlet muda Dheya Nazhira Nuramalina yang berasal dari Ciamis peraih medali emas di ajang PON XX Papua ini pulang dengan angkutan umum.
Atlet Personil Basarnas Raih Medali Emas Eksebisi Paramotor
cabor eksebisi paramotor PON XX Papua yang dilaksanakan di Klaster Merauke, dua staf Badan SAR Nasional (Basarnas) raih medali emas.
0
3 Alasan Mengapa Kita Harus Menghindari Tidur Tengkurap
Ternyata posisi tengkurap tidak baik bagi tubuh terutama tulang bagian belakang dan bahu.