Detik Terakhir Basket 3x3 Putri Papua Bawa Pulang Emas

PON XX Papua, tim basket 3x3 putri Papua meraih medali emas setelah sukses mengalahkan Bali dengan skor akhir 14-4 di babak final.
Pebasket dari Papua, Wina Nathalia Mekiuw (biru) pada laga Final Bola Basket 3x3 Putri PON XX Papua di Stadion Basket, Mimika Sport Complex. (Foto: Tagar/PB PON XX Papua /Andry Prasetyo).

Jakarta - Tepat di hari terakhir Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tim basket 3x3 putri Papua meraih medali emas setelah sukses mengalahkan Bali dengan skor akhir 14-4 di partai final yang berlangsung di GOR Mimika Sport Complex, Kamis, 14 Oktober 2021.

Lea Elvensia Wolobubo Kahol sebagai kapten tim basket 3x3 putri papua mengaku tak henti-hentinya mengucap syukur kepada Tuhan atas kemenangan. Dengan dua tahun latihan yang sangat fokus dan intens, akhirnya ia dan rekan-rekannya dapat meraih medali emas.

“Terima kasih kepada keluarga, pelatih, dan seluruh masyarakat Papua yang telah mendukung kami. Kami berharap agar tim basket 3x3 putri Papua bisa terus dikembangkan. Sebab talenta para pemain muda Papua luar biasa. Ini jadi modal ke depan menghadapi turnamen atau kompetisi lain,” ujar Lea, mengutip laman resmi PON XX Papua, Jumat, 15 Oktober 2021.

Sebelumnya, Tim basket 3x3 putri Papua berhasil maju ke babak final setelah berhasil mengalahkan Sumatra Barat dengan skor 12-7 di babak semifinal. Lalu, Papua menghadapi pemenang laga semifinal lainnya, yakni Bali yang telah usai menang melawan DKI Jakarta dengan skor 15-12.

Papua memang sudah tampil unggul sejak melawan Sumatera Barat. Pada tiga menit awal Papua sudah unggul 5-0 dari Sumbar. Sempat dikejar oleh sumbar dengan skor 3 oleh Vida dan Yossica, namun dibalap kembali oleh Lea dari papua hingga pertandingan ditutup dengan skor 12-7.

Lain hal dengan Bali melawan DKI Jakarta, keunggulan DKI Jakarta hilang pada akhir laga setelah Pande Deshinta melesakkan dua lemparan bebas yang memaksa pertandingan berlanjutnya babak tambahan (perpanjangan waktu). Pada babak tambahan ini, Bali sukses menambah skor melalui Michelle Kurniawan dan Regita Pramesti.

Cabang olahraga (cabor) basket 3x3 putra dan putri pertama kali dipertandingkan secara resmi pada PON XX 2021 di Papua. Pada PON XIX Jawa Barat di tahun 2016, cabor ini merupakan cabor eksibisi. 

Karenanya, sejumlah pemain dan pelatih mengapresiasi Perbasi dan Panitia Pelaksana (Panpel) cabor basket 3x3 di Mimika, Papua. Ditambah dengan fasilitas GOR Mimika Sport Complex (MSC) yang lengkap.

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Disiarkan Secara Live, Catat Tanggal Closing Ceremony PON
Sebagai bentuk penutupan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papuaclosing ceremony akan diadakan di Stadion Lukas Enembe.
Panitia Aeromodelling PON Puji Keandalan Listrik PLN
Panitia cabor Aeromodelling PON XX Papua 2021 mengapresiasi kinerja PT PLN (Persero) yang memastikan kecukupan daya dan stabilitas suplai listrik.
Lifter Tuan Rumah PON Mengamuk Usai Dinyatakan Kalah
Lifter yang berasal dari kontingen tuan rumah mengamuk di arena angkat berat pada perhelatan PON XX Papua usai dinyatakan gagal raih medali.
0
Detik Terakhir Basket 3x3 Putri Papua Bawa Pulang Emas
PON XX Papua, tim basket 3x3 putri Papua meraih medali emas setelah sukses mengalahkan Bali dengan skor akhir 14-4 di babak final.