UNTUK INDONESIA
Beredar Video Pria Rusak Fasilitas Masjid di Aceh
Sebuah video seorang pria yang tengah melakukan perusakan di salah satu masjid di Kabupaten Bireuen, Aceh viral di media sosial.
Tangkapan layar video seorang pria yang viral saat melakukan perusakan di salah satu masjid di Kabupaten Bireuen, Aceh. (Foto: Tagar/Istimewa)

Banda Aceh - Sebuah video seorang pria yang tengah melakukan perusakan di salah satu masjid di Kabupaten Bireuen, Aceh viral di media sosial. Belakangan diketahui, pria tersebut mengalami gangguan jiwa.

Video tersebut beredar luas di sejumlah media sosial, Facebook, Instagram dan grup WhatsApp di Aceh sejak Kamis 21 November 2019 pagi. Di dalam video itu, seorang pria memakai baju hitam terlihat memasuki masjid dengan memegang sebatang kayu di tangan tangannya.

Lalu, pria tersebut mengayunkan sebilah kayu ke arah kipas angin dan lampu hias. Sementara jemaah lainnya terlihat hanya membiarkan begitu saja. Video tersebut kemudian viral dan mendapat komentar beragam dari netizen.

Kejadian itu terjadi di Masjid Jamik Peusangan Bireuen.

Kepala Kepolisian Resor Bireuen, Ajun Komisaris Besar Polisi Gugun Hardi Gunawan membenarkan video tersebut. Katanya, pria itu adalah SB, 22 tahun, warga Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh. Kejadian tersebut terjadi pada Jumat 15 November 2019 sekira pukul 05.00 WIB.

“Kejadian itu terjadi di Masjid Jamik Peusangan Bireuen, pada Jumat lalu,” kata Gugun saat dikonfirmasi, Kamis 21 November 2019.

Menurut Gugun, dalam aksi itu, pelaku merusak lampu hias masjid dan kipas angin. Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pihak keluarga, SB diketahui mengalami gangguan kejiwaan berat.

Saat ini, kata Gugun, pelaku telah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Bireuen untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif. Hal itu juga berdasarkan kesepakatan antara pihak keluarga, pengurs masjid dan petugas kepolisian.

“Berdasarkan hasil investigasi dengan pengurus masjid, bahwa setelah kejadian tersebut dilakukan mediasi dengan pihak pengurus Masjid Jamik, keluarga dan tersangka yang diinisiasi Polsek Peusangan,” katanya. []

Baca juga:

Berita terkait
Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Aceh
Seekor gajah Sumatera ditemukan mati di area perkebunan salah satu perusahaan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh.
Pesta Sabu Bareng, Ibu dan Anak di Aceh Ditangkap
Polisi menangkap ibu dan anak sedang pesta sabu di sebuah rumah di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh.
Penderita HIV/AIDS di Aceh Capai 854 Kasus
Penderita HIV/AIDS di Provinsi Aceh terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2004 hingga Juli 2019, tercatat 854 penderita HIV/AIDS.
0
Bawa Pemudik, Armada ALS Tertahan di Pelabuhan Merak
PT Antar Lintas Sumatera (ALS) Tangerang yang masih mengoperasikan armada dan membawa penumpang pada 29 April 2020 terpaksa harus dihentikan.