Beberapa Penyakit Ringan yang Dapat Ditangani Saat Diet

ola makan sehat yang diterapkan saat diet sangat bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Diet adalah cara untuk membentuk badan yang ideal dengan menurunkan berat badan. Berbagai macam diet dapat dipilih sesuai dengan kemampuan tubuhnya.

Membatasi jumlah kalori suatu makanan memang dilakukan saat diet. Namun, perlu diperhatikan dalam memilih makanan, pilihlah makanan yang sehat dan bernutrisi untuk tubuh.

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis diet tertentu dapat menyembuhkan dan mengatasi suatu penyakit? Pola makan sehat yang diterapkan saat diet sangat bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit. Berikut beberapa penyakit ringan yang dapat ditangani saat diet.


Baca juga:

1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka sistem metabolisme pun ikut menurun. Sistem metabolisme mempunyai peran penting untuk memecah nutrisi, mengasimilasi nutrisi, dan mempromosikan anabolisme.

Karbohidrat merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah menu diet yang mengandung jenis karbohidrat yang baik dan konsumsi secukupnya.


2. Mulut luka

Mulut kering penyebab biasanya yaitu demam tinggi, diare atau keracunan makanan, selain itu mulut kering mampu mengakibatkan luka dan rasa sakit menelan.

Berbagai jenis makanan untuk diet, salah satunya yaitu jeruk lemon. Jika Anda mengalami mulut luka konsumsi jeruk lemon yang dipercaya baik untuk menghidrasi tubuh kembali.


3. Mual

Mual memiliki banyak penyebab, diantaranya mabuk darat atau masuk angin hingga karena mengonsumsi obat-obatan.

Mual dapat diobati dengan memakan kismis. Kismis dapat memberikan tambahan energi dari zat gula di dalamnya dan kaya akan serat larut yang baik untuk menyehatkan pencernaan.


4. Sembelit

Jika mengalami sembelit, sembuhkan dengan menu diet yang mengonsumsi buah, sayur dan gandum. Makanan tersebut kaya akan serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Serat yang terdapat pada buah dan sayur sangat diperlukan dalam proses buang air besar. Kandungan serat akan menarik air ke usus besar dan membuat feses lebih lunak dan berbentuk sehingga BAB lancar.


5. Asam lambung

Asam lambung naik termasuk dalam gangguan pencernaan, sehingga pola makan sering kali dapat memengaruhi gejala kondisi tersebut. Membuat perubahan pola makan dan gaya hidup dapat sangat membantu dalam mengobati banyak gangguan asam lambung. Dengan menghindari makanan pemicu dan mengikuti tips diet yang tepat dapat meringankan gejala asam lambung naik. []

(Hosea Leonard Hutabarat)

Berita terkait
4 Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan
Jenis diet ini menekankan Anda untuk mengonsumsi sayur-sayuran.
Lagi Program Diet? Ini Manfaat Air Lemon
Banyak orang menganggap bahwa dengan minum air lemon bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Di bawah ini fakta-fakta manfaat lemon.
Luna f(x) Diet dengan Meminum Air Perasan Lemon
Dengan minum air lemon, Luna tidak akan mudah lapar, dapat mengurangi makanan, dan mengurangi lemak dalam tubuh.
0
Ragam Jenis APAR Mobil dan Cara Menggunakanya
Jenis-jenis APAR mobil yang biasa digunakan bervariasi, sesuai dengan material yang digunakan.