Bayi Laki-laki Dibuang di Rumah Warga Lamongan

Bayi berjenis laki-laki ditemukan di pekarangan rumah warga di Desa Tambakrigadung, Tikung, Lamongan, Jawa Timur
Bayi laki-laki yang dibuang orang tuanya di rumah warga mendapatkan perawatan di RSUD Soegiri, Lamongan. (Foto: Tagar/Polsek Tikung)

Lamongan - Pemilik rumah di Desa Tambakrigadung, Tikung, Lamongan, Anwar Aripin, 46 tahun, dikejutkan dengan adanya sesosok bayi yang kehujanan, Minggu, 6 Desember 2020. Diduga bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut dibuang oleh orang tuanya.

Kepala Kepolisian Sektor Tikung, Lamongan, Inspektur Satu Bambang MB membenarkan adanya penemuan bayi diduga dibuang di depan rumah warga oleh orang tuanya pada Minggu malam, 6 Desember 2020. Bambang mengatakan diperkirakan bayi laki-laki yang ditemukan berusia 1 bulan.

Kami masih mengejar pelaku pembuangan bayi setelah mendapatkan laporan dari warga.

"Orang yang pertama kali menemukan bayi itu adalah anak pemilik rumah. Saat itu anak pemilik rumah bernama Eka Puki Astuti penasaran adanya suara tangis bayi di teras rumahnya," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin, 7 Desember 2020.

Bambang mengaku saat bayi ditemukan, berada di lantai teras rumah dan beralaskan selimut biru. Bambang juga mengaku melakukan pengejaran terhadap orang tua bayi yang enggan bertanggungjawab tersebut.

"Kami masih mengejar pelaku pembuangan bayi setelah mendapatkan laporan dari warga," ujarnya.

Bambang mengaku sudah mengetahui ciri-ciri orang yang diduga membuang bayi tersebut. Berdasarkan keterangan saksi, ada dua orang yakni laki-laki dan perempuan yang mengendarai motor sebelum ditemukannya bayi tersebut.

"Ada saksi penjaga gudang yang melihat ada dua orang yang berboncengan melintas di depan rumah Pak Anwar saat hujan turun. Dua orang itu pakai jas hujan," kata dia.

Bambang mengaku saat ini bayi mungil tersebut sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Soegiri Lamongan untuk mendapatkan perawatan. Setelah kondisi bayi stabil, nantinya akan diserahkan ke Dinas Sosial Lamongan.

"Sudah dibawa ke RSUD Soegiri untuk mendapatkan perawatan. Nantinya akan diserahkan ke Dinsos,"ucapnya. []

Berita terkait
Lokasi Pembuangan Bayi di Yogyakarta Dibangun Zaman Jepang
Sepanjang 2020 setidaknya ada dua peristiwa penemuan bayi di kawasan Selokan Mataram yang dibangun sejak zaman penjajahan Jepang.
18 Adegan Pra Rekonstruksi Pembuangan Bayi di Makassar
Sebanyak 18 adegan pra rekonstruksi pembuangan mayat bayi berjenis kelamin laki-laki di Kota Makassar.
Deretan Kasus Pembuangan Bayi di Yogyakarta
Catatan Tagar selama 6 bulan ada 8 kasus pembuangan bayi di Yogyakarta. Lima bayi ditemukan hidup, tiga sudah meninggal. Berikut rinciannya.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan