Bangun Tidur Lebih Awal Bantu Atasi Depresi

Berdasarkan temuan penelitian terbaru bangun satu jam lebih awal dapat mengurangi risiko terkena depresi berat sebesar 23 persen.
Ilustrasi - Bangun Tidur. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bangun tidur di awal hari tidak hanya baik untuk kebugaran fisik, tapi juga kesehatan mental. Berdasarkan temuan penelitian terbaru, bangun satu jam lebih awal dapat mengurangi risiko terkena depresi berat sebesar 23 persen.

Studi berbasis genetik yang dilakukan melibatkan tim dari tiga institusi, yakni University of Colorado Boulder, Broad Institute of MIT, dan Harvard. Mereka menggunakan perangkat penelitian kuesioner dan melacak kebiasaan tidur peserta.

Periset menganalisis data dari 840 ribu individu, terkait kebiasaan tidur dan pengaruhnya pada kesehatan mental. Penelitian ini dianggap memiliki implikasi penting, terutama ketika orang-orang mulai beraktivitas usai lockdown.


Kami menemukan bahwa terjaga dari tidur satu jam lebih awal dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah.


Salah satu peneliti, Profesor Celine Vetter, mengatakan bahwa sejumlah studi telah meninjau hubungan antara waktu tidur dan suasana hati. Penelitian yang dia lakoni berusaha lebih spesifik dengan mencermati frekuensinya.

"Kami menemukan bahwa terjaga dari tidur satu jam lebih awal dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah," ungkap Vetter, dikutip dari laman South Wales Argus.

Penelitian observasional sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang sering tidur larut memiliki risiko dua kali lebih mungkin untuk mengidap depresi. Itu jika dibandingkan dengan orang yang bangun pagi, terlepas dari berapa lama mereka tidur.

Selain karena gangguan mood yang dapat mengganggu pola tidur, para peneliti masih mengalami kesulitan untuk menguraikan apa penyebabnya. Studi terkini tersebut lantas menawarkan beberapa bukti kuat bahwa kronotipe kecenderungan seseorang untuk tidur pada waktu tertentu memengaruhi risiko depresi. []

Berita terkait
3 Hal yang harus dan Jangan Dilakukan Setelah Bangun Tidur
Jangan lakukan aktivitas sembarangan sesaat setelah bangun tidur malam. Perhatikan tiga hal ini bila ingin tak celaka.
PAP dan 2 Kegiatan Jelang Tidur, Bangun Makin Disayang Pacar
Kegiatan bersama pacar seperti PAP menjelang tidur membuat hubungan menjadi makin hangat.
10 Menit Pertama Setelah Bangun Tidur, Buruan Lakuin Ini
Untuk mendapatkannya harus memulai dengan awal yang bagus.
0
Bangun Tidur Lebih Awal Bantu Atasi Depresi
Berdasarkan temuan penelitian terbaru bangun satu jam lebih awal dapat mengurangi risiko terkena depresi berat sebesar 23 persen.