UNTUK INDONESIA
Bahaya dan Cara Mengatasi Perut Kembung
Perut kembung yang terjadi terus-menerus bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya, apa saja?
Perut (Foto: Pixabay/derneuemann).

Jakarta - Perut kembung yang terjadi terus-menerus bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya, terlalu banyak jumlah gas yang terkumpul di dalam perut.

Kondisi perut kembung bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, penyakit ini menimbulkan gejala seperti perutnya terasa buncit, kencang, penuh, sesak, nyeri, dan kram.

Bahaya Perut Kembung

Saat perut kembung timbul gejala secara bersamaan, seperti diare, frekuensi buang air besar berubah, tinja berdarah, nyeri dada, berat badan menurun, hingga nafsu makan menurun.

Jika terjadi kondisi tersebut, harus segera konsultasi dengan dokter, bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya, seperti diverkulitis, penyakit crohn, kanker lambung, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker hati, kanker rahim, kanker ovarium, dan penyakit radang panggul.

Penyebab Perut Kembung 

Perut kembung merupakan akibat tertimbunnya gas dalam jumlah besar di dalam perut. Namun, tidak sedikit faktor penyebab yang mengakibatkan penyakit ini, antara lain menelan udara saat makan maupun minum, makan terlalu cepat, makan terlalu banyak, terlalu sering mengonsumsi soda, sembelit, merokok, terlalu sering mengonsumsi alkohol, hormon yang tidak stabil (wanita dalam fase pra-menstrual), dan Infeksi saluran pencernaan

Pengobatan Perut Kembung

Mengobati perut kembung bisa dilakukan dengan terapi non-medikamentosa dengan perbaiki pola diet. Berbeda jika disebabkan infeksi bakteri, bisa mengobati dengan mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik dan obat untuk menurunkan kadar gas dalam perut.

Pencegahan Perut Kembung

Terdapat beberapa upaya efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perut kembung, yaitu.

  • Makan dan minum dengan perlahan atau tidak terburu-buru dan berlebihan
  • Kurangi mengonsumsi makanan penghasil gas
  • Kurangi mengonsumsi permen karet
  • Hindari minuman bersoda dan beralkohol
  • Olahraga secara teratur
  • Berhenti merokok
Berita terkait
Gejala Perut Kembung dan Cara Mencegahnya
Perut kembung merupakan gejala ketika timbulnya rasa tidak nyaman di dalam perut. Berikut ulasannya.
10 Buah Bikin Perut Langsing
Memiliki perut buncit terkadang membuat rasa percaya diri ambyar seketika. Nah, untuk mengatasinya bisa konsumsi buah-buahan berikut ini.
Empat Makanan Wajib Saat Perut Kosong
Bila perut sedang kosong tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan. Berikut makanan wajib buat perut kosong.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.