Bahaya Asam Lambung Menurut dr. Tirta

dr. Tirta juga mengungkapkan bahwa penyakit tersebut sering terjadi pada milenial karena pola makan yang tidak teratur.
Dr. Tirta. (Foto: Instagram/dr.tirta)

Jakarta - dr. Tirta angkat suara mengenai penyebab dan bahaya dari penyakit lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah kondisi dimana asam lambung dapat naik ke esophagus atau kerongkongan, padahal esophagus bukan organ yang dapat menahan asam.

Hal ini menyebabkan kerongkongan menjadi nyeri dan panas, salah satu ciri-cirinya yaitu muntah yang pahit dan berwarna hijau atau kuning.

“Kalau terjadi sekali yang dirasain adalah panas doang, kalau terjadi berulang kali esophagus-nya hancur, terjadi pendarahan yang lumayan parah dan bahkan bisa memicu cancer esophageal” kata dr. Tirta di akun YouTube-nya, dikutip Jumat, 30 Juli 2021.

dr. Tirta juga mengungkapkan bahwa penyakit tersebut sering terjadi pada milenial karena pola makan yang tidak teratur dan sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan pedas, dan juga konsumsi kafein.

“Kalau orang gak makan sesuai jamnya, kadang jam 4 makan kadang gak, akhirnya asam lambung ini keluar sebelum waktunya” kata dr. Tirta. []

Baca Juga: 7 Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Berita terkait
7 Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung
Bagi penderita asam lambung perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Berikut rekomendasi minuman atasi gejaranya.
Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa
Selama puasa, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut minuman sehat untuk mengatasi asam lambung.
Satu Hal Ini Harus Dihindari Agar Tidak Sakit Asam Lambung
Sesuatu yang sangat dicintai berlebih biasanya menjadi sumber utama yang membuat stres yang pada gilirannya memicu datangnya penyakit asam lambung.
0
Bahaya Asam Lambung Menurut dr. Tirta
dr. Tirta juga mengungkapkan bahwa penyakit tersebut sering terjadi pada milenial karena pola makan yang tidak teratur.