Saran Dokter Tirta untuk Pasien Isoman Gejala Ringan & Berat

Menurut Tirta, kondisi ini karena para masyarakat yang tengah terpapar Covid-19 dan melakukan isoman tidak terkontrol kondisinya dengan baik.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dokter Tirta berpesan kepada para pasien Covid-19 gejala ringan yang tengah melakukan isoman, agar memastikan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik. 

Bagi yang memiliki gejala sedang hingga berat, agar mengkonsumsi obat-obatan penunjang yang telah direkomendasikan.

"Ingat, isoman gejala ringan (agar) pastikan nutrisi tercukupi. Obat antivirus digunakan (bagi pasien) gejala sedang (dan) berat. Kalau (gejala) ringan tidak perlu (obat)," kata Tirta, Minggu, 25 Juli 2021.

Dia menjelaskan, saat ini banyak kasus pasien Covid-19 meninggal dunia justru saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.


Nutrisi kurang karena pasien emang susah makan. Rata-rata karena nyeri telan dan emang sudah gak ada rasa.


Menurutnya, kondisi ini karena para masyarakat yang tengah terpapar Covid-19 dan melakukan isoman tidak terkontrol kondisinya dengan baik. Mulai dari kondisi cairan tubuh yang kurang hingga nutrisi yang baik.

"Wafatnya banyak pasien isoman, dari beberapa hal yang saya temui rata-rata karena perburukan kondisi akibat dehidrasi, nutrisi kurang dan mengakibatkan infeksi meluas gak hanya paru, tapi sistemik," katanya.

Ia tak begitu menyalahkan pasien Covid-19 yang kekurangan nutrisi saat melakukan isoman. Karena banyak pasien Covid-19 tidak begitu bisa makan dengan nyaman karena rasa nyeri saat menelan makanan hingga makanan tidak terasa oleh indra pengecap mereka.

"Nutrisi kurang karena pasien emang susah makan. Rata-rata karena nyeri telan dan emang sudah gak ada rasa," ujarnya. []

Baca Juga: dr Tirta Tanggapi Ade Armando, Bicaralah Sesuai Bidangnya

Berita terkait
Dokter Tirta Protes ke Anak Buah Jokowi yang Larang Kritik
Dokter Tirta Hudhi alias Cipeng mengecam anak buah Presiden Jokowi yang melarangnya melayangkan kritik ke pemerintahan terkait perpanjangan PPKM.
Dokter Tirta Tegas Tolak Debat Kusir dengan Dokter Louis
Dokter Tirta menolak debat dokter Louis lantaran hanya berujung debat kusir saja. Apalagi dokter Louis telah memaki teman sejawat dokter Tirta.
Tips-tips Isoman Pasien Covid-19 dari Dokter Tirta
Pasien corona tanpa gejala cukup makan makanan yang mengandung protein, untuk mengganti sel tubuh yang rusak usai terpapar Covid-19.
0
Saran Dokter Tirta untuk Pasien Isoman Gejala Ringan & Berat
Menurut Tirta, kondisi ini karena para masyarakat yang tengah terpapar Covid-19 dan melakukan isoman tidak terkontrol kondisinya dengan baik.