7 Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Berikut rekomendasi minuman atasi gejaranya.
Ilustrasi - Minuman sehat untuk atasi gejala asam lambung. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bagi penderita asam lambung perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Salah satu cara tepat yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman sehat. 

Minuman sehat ini bukan hanya mampu mencegah, tetapi juga mengatasi asam lambung saat sedang kambuh. Berikut minuman sehat tersebut.


1. Air Putih

Minuman pertama yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung adalah air putih. Meski menyehatkan, Anda perlu mengetahui kadar pH air sebelum dikonsumsi. 

Pasalnya, kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7, sehingga tidak menutup kemungkinan jika air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang dikonsumsi.


2. Wedang Jahe

Jahe mampu menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu munculnya gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya.


3. Air Kelapa

Air kelapa mampu mengatasi asam lambung. Jika dikonsumsi tanpa gula tambahan, minuman ini sangat baik bagi pengidap asam lambung. 

Hal tersebut dikarenakan, air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium yang mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga gejala asam lambung dapat dikontrol.


4. Teh Herbal

Teh herbal mampu meningkatkan kinerja pencernaan, sehingga asam lambung pun dapat dicegah. Untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya hindari teh spearmint atau teh peppermint


5. Jus Buah

Mengonsumsi jus buah memang dapat mengatasi asam lambung, tetapi tidak disarankan dari buah dengan kandungan asam yang tinggi, seperti kelompok buat citrus atau apel. Buah yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung, yaitu pisang, pepaya, bit, semangka, dan pir.


6. Susu Nabati

Susu nabati baik dikonsumsi pada pengidap intoleransi laktosa. Susu nabati yang terbuat dari kacang almond memiliki kandungan basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai.


7. Susu Rendah Lemak

Susu jenis ini berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak. Tingginya lemak pada susu sapi akan sulit dicerna, sehingga gejala asam lambung pun bisa saja memburuk.

Itulah sejumlah jenis minuman sehat untuk mencegah dan mengatasi asam lambung saat gejala kambuh. []

Berita terkait
Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa
Selama puasa, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut minuman sehat untuk mengatasi asam lambung.
Satu Hal Ini Harus Dihindari Agar Tidak Sakit Asam Lambung
Sesuatu yang sangat dicintai berlebih biasanya menjadi sumber utama yang membuat stres yang pada gilirannya memicu datangnya penyakit asam lambung.
Penyebab Asam Lambung yang Sedang Diderita Rizieq Shihab
Penyebab asam lambung naik seperti yang dialami oleh Rizieq Shihab.
0
7 Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung
Bagi penderita asam lambung perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Berikut rekomendasi minuman atasi gejaranya.