Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa

Selama puasa, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut minuman sehat untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Asam Lambung. (Foto: Rumah123.com)

Jakarta - Selama bulan puasa, umat Islam diingatkan tetap menjaga kesehatan agar tubuh kuat menjalankan ibadah Ramadan ini. Khususnya bagi penderita asam lambung disarankan tidak sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. 

Salah satu faktor penyebab asam lambung kambuh, yaitu salah konsumsi makanan atau minuman. Menghindari penyakit itu terjadi selama puasa, sebaiknya Anda mulai memperhatikan asupan nutrisi yang dimakan. 

Berikut berbagai minuman yang bisa dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa untuk mengatasi asam lambung. 


1. Air Putih


Air Putih HangatAir putih hangat yang bermanfaat bagi tubuh dan baik dikonsumsi saat sahur (Foto: Twitter/@kasinamad0ng)


Air putih sangat baik untuk mengatasi asam lambung. Selama berpuasa, minuman ini tidak boleh diabaikan karena kandungan mineralnya penting untuk kesehatan tubuh, terutama melancarkan sistem pencernaan setelah perut kosong seharian. 

Air putih juga berkhasiat meningkatkan kerja usus. Sehingga, usus tidak mudah mengalami peradangan. Jika asupan air putih tercukupi, asam lambung tidak akan terjadi secara tiba-tiba. 


2. Jahe Hangat


Jahe HangatIlustrasi Jahe Hangat. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jahe hangat juga bisa mengatasi asam lambung selama puasa. Sebab, tumbuhan herbal ini memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fenolat yang berfungsi meredakan iritasi saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. 


3. Teh Herbal


Teh HerbalIlustrasi Teh Herbal. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Teh herbal sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung selama puasa. Namun, sebaiknya Anda memilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. 

Bagi yang memiliki asam lambung, jangan mengonsumsi teh dari daun peppermint karena dapat memicu refluks asam lambung. Meski dapat mengatasi asam lambung, ada baiknya harus sesuai anjuran dokter


4. Jus Buah atau Sayur Rendah Asam


Jus BuahIlustrasi Jus Buah. (Foto: Pixabay/silviarita)


Buah dan sayuran memang sangat baik dikonsumsi selama puasa karena kandungan gizinya berkhasiat membantu menyehatkan badan. Namun mengatasi asam lambung, sebaiknya Anda memilih buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan asam rendah untuk dijadikan jus.

Saat berbuka puasa minumlah jus wortel, buah bit, bayam atau mentimun. Di antara buah dan sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. 


5. Susu Nabati


Susu NabatiIlustrasi Susu Nabati. (Foto: Pixabay/Couleur)


Selama puasa, susu sangat disarankan untuk dikonsumsi semua orang. Sebab, kandungan nutrisinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga selama menjalankan ibadah Ramadan ini tidak mudah diserang penyakit. 

Bagi Anda yang memiliki asam lambung, sebaiknya minum susu nabati untuk mencegah penyakit itu terjadi saat berpuasa. Susu almond, susu kedelai hingga susu yang terbuat dari gandum bisa Anda konsumsi agar asam lambung tidak kambuh. 

Susu nabati sangat aman dikonsumsi bagi siapa saja yang memiliki asam lambung karena tidak mengandung lemak tinggi. Jadi, ketika diminum saat sahur dan berbuka puasa, penyakit tersebut bisa dicegah sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan lancar. []

Baca juga



Berita terkait
Tips Cegah Kelelahan Selama Bulan Puasa
Beberapa tips untuk mencegah tubuh lelah selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di antaranya melakukan tidur siang dan mengurangi makan pedas.
11 Tips Cegah Kantuk Saat Berpuasa
Tak sedikit orang kerap merasakan kantuk saat berpuasa. Berikut tips mudah mencegah kantuk tersebut.
Tips Mengatasi Rasa Haus Selama Puasa
Rasa haus pasti sering muncul selama berpuasa. Berikut tips mengatasi persoalan tersebut agar puasa tidak batal.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19