UNTUK INDONESIA
Manfaat Air Cucian Beras untuk Mempercantik Diri
Air cucian beras ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat air cucian beras.
ilustrasi air beras. (Foto: indianexpress.com/Getty Images/Thinkstock)

Jakarta - Tak jarang usai mencuci beras airnya akan dibuang, nyatanya air tersebut bermanfaat untuk kecantikan kulit. Sebab, air cucian beras mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti asam amino, vitamin B dan E, mineral dan antioksidan.

Air cucian beras tentu bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan yang praktis dan alami, serta minim biaya. Namun perlu diingat, air beras yang boleh digunakan yaitu air cucian beras terakhir. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan manfaat air cucian beras untuk mempercantik diri.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Air cucian beras memiliki manfaat untuk membantu membuat kulit tampak lebih cerah. Sebab, air cucian beras mengandung vitamin B dan E yang berperan dalam mengatasi kulit gelap menjadi lebih cerah.

Selain itu, air cucian beras juga berkhasiat untuk meratakan warna kulit wajah dan membantu memudarkan noda hitam. Bahkan, beberapa produk kecantikan seperti toner, sabun, hingga sleeping mask menjadikan air beras sebagai bahan utama.

2. Melembapkan Kulit

Air cucian beras juga bisa membantu melembapkan kulit wajah yang kering akibat penggunaan kosmetik. Sebab, kandungan air tersebut bisa membantu produksi kolagen kulit yang bisa membuatnya lebih halus. Rajin menggunakan air cucian beras juga dapat membantu kulit terhidrasi agar tidak tampak kering dan kusam.

3. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membuat kulit wajah menjadi kemerahan, sensitif, bahkan iritasi. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan air cucian beras agar kulit menjadi lebih tenang. Kandungan yang disimpan air cucian beras bisa membantu menetralisir kulit yang iritasi akibat sinar matahari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya ditandai dengan gejala seperti kerutan, noda-noda hitam di wajah, dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Menghindari masalah tersebut, air cucian beras bisa dipilih sebagai solusinya. 

Kandungan antioksidan dari air cucian beras ini juga dapat membantu mencegah radikal bebas yang merusak kulit dan menimbulkan tanda penuaan dini tersebut.

5. Merawat Rambut

Tak hanya untuk menjaga kesehatan kulit, nyatanya air beras juga sangat baik digunakan untuk merawat rambut. Air cucian beras mampu membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. 

Kandungan inositol yang disimpan dalam air tersebut bisa memperbaiki kerusakan rambut yang kerap terjadi, seperti rambut kusam atau bercabang.

Nah, itulah beberapa manfaat air cucian beras untuk membantu mempercantik diri khususnya bagi kaum hawa. Jadi setelah mencuci beras, sebaiknya air yang terakhir kali jangan dibuang karena bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan alami untuk menunjang penampilan nantinya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Bahan Alami Ampuh Membuat Tubuh Wangi Tanpa Parfum
Menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh dan membuatnya menjadi wangi dan segar bisa menggunakan bahan alami. Berikut ini penjelasannya.
Lima Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning
Tampil cantik dengan gigi putih dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Manfaat Air Cucian Beras untuk Mempercantik Diri
Air cucian beras ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat air cucian beras.