UNTUK INDONESIA
Atasi Lahan Kritis di KBU, Ridwan Kamil Gandeng TNI
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai penegakan hukum di alih fungsi lahan di KBU kurang maksimal. Karenanya ia akan gandeng TNI.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melibatkan TNI di penegakan hukum untuk mengatasi persoalan lingkungan di KBU. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim sudah berupaya keras mengatasi permasalahan lingkungan, terutama lahan kritis yang ada di Kawasan Bandung Utara (KBU). Namun alih fungsi lahan serapan jadi permukiman di KBU tak kunjung ada solusi. 

Karenanya Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, akan menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) di penegakan hukum

“KBU juga kan masuk ranah anak DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum. Maka, nanti dalam penegakan hukumnya akan melibatkan juga TNI sebagai bagian dari program Citarum Harum,” tuturnya di Bandung, Jumat, 6 November 2019.

Perlu penegakkan hukum yang lebih tegas, kami akan libatkan TNI, Satgas Citarum Harum.

Menurut Kang Emil penegakan hukum di KBU selama ini dinilainya kurang maksimal. Untuk pelibatan TNI dibutuhkan, apalagi TNI bagian dari Satgas Citarum Harum.

“Perlu penegakkan hukum yang lebih tegas, kami akan libatkan TNI, Satgas Citarum Harum. Karena, lahan kritis di sejumlah titik di KBU ini menjadi penyebab banjir di sejumlah daerah di Cekungan Bandung, kata dia.

Langkah lain upaya pemulihan fungsi lahan di KBU, Kang Emil juga sudah membahas bersama dinas dan pemerintah daerah terkait. Salah satunya dengan membentuk Badan Otoritas Cekungan Bandung.

“Kami menyusun Badan Otoritas Cekungan Bandung, sekarang sedang dibentuk. Di situlah nanti pengaturan KBU punya tim yang tegas,” jelas dia.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mencanangkan program penanaman 25 juta pohon produktif mulai awal Januari 2020. Salah satu sasaran penanaman pohon di lahan kritis KBU. 

Dan khusus di KBU, program tersebut dipercepat, akan dilakukan pada Senin 9 Desember 2019. Penanaman pohon diprioritaskan di titik-titik yang menjadi penyebab banjir bandang. 

"Mulai Senin besok enam ribu pohon produktif akan ditanam dulu di KBU. Di lahan-lahan kritis atau di area yang dulu sempat jadi terduga sumber banjir di Cicaheum," ucapnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kang Emil: Patimban Jangan Kayak Priok yang Semrawut
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pembangunan Pelabuhan Patimban memperhatikan pembangunan wilayah sekitar.
Ridwan Kamil Siapkan Pendidikan Menyenangkan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan kesiapan pihaknya melaksanakan pidato Mendikbud Nadiem Makarim. Di antaranya pendidikan menyenangkan.
Anies Baswedan-Ridwan Kamil di Pilpres 2024?
Di hadapan para Ketua Umum parpol, Surya Paloh menegaskan, partainya akan menggelar konvensi untuk menjaring calon presiden di Pemilu 2024.
0
‎Ramainya Tempat Ngabuburit di Kota Tegal saat PSBB
Hingga hari kedelapan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal tidak berjalan efektif.