UNTUK INDONESIA
Aremania dan Bonek Nyaris Bentrok di Blitar
Beruntung, personel Polres Blitar cepat mencegah agar tidak terjadi bentrokan fisik antara Aremania dan Bonek.
Polisi memisahkan Aremania dan Bonek Mania untuk menyaksikan laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur di Stadion Supriyadi, Blitar, Selasa 18 Februari 2020. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Blitar - Laga sarat gengsi dan rivalitas tersaji di semifinal Piala Gubernur Jawa Timur 2020 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Supriyadi, Kota Blitar, Selasa 18 Februari 2020. Sebelum laga, kedua kelompok suporter ini nyaris bentrok di luar stadion.

Dari pantauan Tagar, bentrokan hampir pecah di beberapa titik lokasi. Salah satu pusatnya di Jalan Kelud, Kota Blitar yang merupakan jalur utama menuju stadion. Aremania maupun Bonek berusaha masuk ke stadion sekitar pukul 15.00 Wib.

Pertimbangan kami. Kedua tempat itu tidak terlalu dekat dengan stadion dan juga tidak banyak kendaraan yang parkir.

Kedua suporter berangkat dari arah yang berlawan dan akan masuk melalui Jalan Kelud tadi. Beruntung, bentrokan fisik antar kedua suporter tidak sampai terjadi. Mereka dengan cepat dipukul mundur dan ditempatkan di dua tempat berbeda dengan radius ratusan meter dari stadion.

Di kedua tempat itu diketahui juga sudah disediakan videotron untuk nonton bareng (nobar) bagi mereka. Dengan harapan tidak memaksa untuk ke stadion.

Misalnya Aremania di pelataran parkir Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan atau sebelah utara Stadion Soepriyadi, Kota Blitar. Sedangkan Bonek ditempatkan di sebelah Timur Stadion atau di Jalan Brantas, Kota Blitar.

Kapolresta Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mencegah kedua suporter masuk ke stadion. Tentunya agar tidak mengganggu jalannya pertandingan.

"Pertimbangan kami. Kedua tempat itu tidak terlalu dekat dengan stadion dan juga tidak banyak kendaraan yang parkir. Sehingga lumayan," ujarnya.

Lebih lanjut, Leonard menambahkan untuk jumlah personel pengamanan yang dikerahkan kurang lebih ada 1.500 personel dari Polri dan TNI. Beberapa titik itu meliputi jalur masuk Kota Blitar, sepanjang jalan menuju Stadion dan sekitar kawasan Stadion Supriyadi. []

Berita terkait
Persebaya Vs Arema, Polda Jatim Sweeping Suporter
Polda Jawa Timur akan menjaga ketat pintu masuk Kota Blitar agar Aremania dan Bonek Mania tidak datang untuk menonton laga Persebaya vs Arema FC.
Pertandingan Persebaya vs Arema Dipindah di Blitar
Pemindahan laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur antara Persebaya vs Arema FC karena situasi kota Malang tidak kondusif.
Semifinal Arema FC Vs Persebaya, Replay Final 2019
Arema FC bertemu rival bebuyutan, Persebaya Surabaya di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah bermain imbang 1-1 melawan Persija Jakarta.
0
Hendak Balap Liar, Polisi Ambon Tahan 5 Sepeda Motor
Kerap menganggu dan ketenangan warga, polisi di kota Ambon menahan lima motor yang kerap dipakai untuk balap liar