UNTUK INDONESIA

Arahan Jokowi untuk Atasi Bencana Banjir di NTT dan NTB

Dalam mengatasi dampak bencana banjir bandang di NTT dan NTB, berikut arahan dari Presiden Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. (Foto:Tagar/Setkab)

Jakarta - Presiden Jokowi memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri untuk segera mengatasi dampak bencana banjir akibat cuaca ekstrem siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pertama, percepatan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

Selain itu, Presiden juga memerintahkan itu keepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Dalam mengatasi dampak bencana tersebut, berikut arahan dari Presiden Joko Widodo. Pertama, Percepatan proses evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

"Pertama, percepatan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan," tutur Presiden Jokowi melalui konferensi pers virtual, Selasa, 6 April 2021.

Kedua, Presiden minta Kemenkes untuk memastikan pelayanan kesehatan dan penanganan korban yang memerlukan pertolongan medis. Ketiga, BNPB dan Pemerintah Daerah (Pemda) segera memenuhi bantuan kebutuhan dasar logistik, tenda, dapur umum, air bersih dan MCK (Mandi-Cuci-Kakus) para pengungsi.

Keempat, KemenPUPR mempercepat perbaikan infrastruktur yang rusak, seperti jembatan yang roboh, akses jalan, jaringan listrik, jaringan telekomunikasi, jaringan internet, juga distribusi logistik dan BBM agar bantuan dapat segera tersalurkan ke masyarakat korban bencana.

Terakhir, Presiden juga minta BMKG untuk mengantisipasi bahaya lanjutan cuaca ekstrem yang terjadi di berbagai kawasan di Indonesia. []

Berita terkait
Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Bencana Banjir Bandang di NTT & NTB
Presiden sampaikan bela sungkawa atas musibah banjir bandang di NTT dan NTB juga memerintahkan jajarannya untuk menangani bencana dengan cepat.
Atta Halilintar Ingin Cinta Abadi Seperti Jokowi dan Iriana
Atta Halilintar ingin rumah tangganya dengan Aurel Hermansyah abadi selamanya, langgeng seperti cinta Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.
AHY: Kami Tidak Pernah Menuduh Jokowi di Belakang Moeldoko
Agus Harimurti Yudhoyono tegaskan dirinya dan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, tidak pernah menuduh Jokowi atau Pemerintah di belakang Moeldoko.
0
Arahan Jokowi untuk Atasi Bencana Banjir di NTT dan NTB
Dalam mengatasi dampak bencana banjir bandang di NTT dan NTB, berikut arahan dari Presiden Joko Widodo.