Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Bencana Banjir Bandang di NTT & NTB

Presiden sampaikan bela sungkawa atas musibah banjir bandang di NTT dan NTB juga memerintahkan jajarannya untuk menangani bencana dengan cepat.
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto:Tagar/Setkab)

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa bela sungkawanya atas bencana banjir bandang yang menerjang Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Minggu, 4 April 2021. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, setidaknya 44 orang telah dinyatakan tewas dalam bencana tersebut.

Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik seperti bantuan pelayanan kesehatan ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi beserta juga perbaikan infrastruktur.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut, dan saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini," tutur Jokowi di laman YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 5 April 2021.

Jokowi juga menerangkan bahwa dirinya telah memerintahkan Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Henri Alfiandi, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk segera mengevakuasi dan menangani korban bencana serta penanganan dampak bencana secara cepat.

"Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik seperti bantuan pelayanan kesehatan ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi beserta juga perbaikan infrastruktur," tegas Jokowi.

Presiden selanjutnya mengimbau seluruh masyarakat agar mengikuti arahan petugas di lapangan. Dalam hal ini, dia mengingatkan agar mereka selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor. Terlebih curah hujan yang ekstrem meningkat dalam beberapa waktu belakangan ini.

"Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah," tandas Presiden. []

Berita terkait
Atta Halilintar Ingin Cinta Abadi Seperti Jokowi dan Iriana
Atta Halilintar ingin rumah tangganya dengan Aurel Hermansyah abadi selamanya, langgeng seperti cinta Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.
Jokowi di Hari Jumat Agung: Di Balik Kesulitan Ada Kemudahan
Catatan Jokowi dalam momen Jumat Agung 2021: Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan.
Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Melawan Terorisme
Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu melawan terorisme agar tidak ada celah bagi mereka lakukan teror
0
Pemerintah Alokasikan Rp 400 M Uji Klinis Vaksin Merah Putih
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 400 miliar untuk uji klinis vaksin merah putih.