Jokowi di Hari Jumat Agung: Di Balik Kesulitan Ada Kemudahan

Catatan Jokowi dalam momen Jumat Agung 2021: Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan.
Jokowi. (Foto: Tagar/Facebook Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengucapkan Selamat Memperingati Hari Jumat Agung di laman Facebook, Jumat, 2 April 2021. Bersama kartu ucapan bernuansa cokelat teduh, Presiden menulis catatan, "Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan."


Jumat AgungUcapan Selamat Jumat Agung dari Presiden Jokowi, Jumat, 2 April 2021. (Foto: Tagar/Facebook Presiden Joko Widodo)


Jumat Agung dalam kepercayaan Kristen adalah hari Jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota.

Literatur menyebutkan hari kematian itu sendiri tidak dicatat jelas di Alkitab. Ada yang menduga jatuh pada hari Rabu, tetapi lebih banyak yang menempatkan pada hari Jumat. 

Berdasarkan rincian kitab suci mengenai Pengadilan Sanhedrin atas Yesus, dan analisis ilmiah, peristiwa penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi pada hari Jumat, tapi tanggal terjadinya tidak diketahui dengan pasti.

Dua kelompok ilmuwan dalam perkembangan kemudian memperkirakan itu terjadi pada tahun 33 Masehi. Sebelumnya, Isaac Newton memperkirakan itu terjadi pada tahun 34 Masehi. Newton menggunakan perhitungan selisih-selisih antara kalender Yahudi dan kalender Julian dan besarnya bulan sabit.

Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan.


Jumat Agung, hari Jumat sebelum Paskah, perhitungan tanggal berbeda antara Gereja Timur dan Gereja Barat.

Paskah jatuh pada hari Minggu pertama sesudah Bulan Purnama Paskah, bulan purnama pada atau sesudah 21 Maret, yang dijadikan tanggal dari vernal equinox. 

Perhitungan Barat menggunakan Kalender Gregorian, sedangkan perhitungan Timur menggunakan Kalender Julian, di mana tanggal 21 Maret bertepatan dengan tanggal 3 April menurut kalender Gregorian. 

Perhitungan-perhitungan untuk menentukan tanggal bulan purnama tersebut juga berbeda. 

Karena Paskah di Gereja Barat dapat jatuh pada salah satu tanggal mulai tanggal 22 Maret sampai 25 April menurut kalender Gregorian, maka Jumat Agung dapat jatuh antara tanggal 19 Maret sampai 22 April. 

Dalam Gereja Timur, Paskah dapat jatuh antara 22 Maret sampai 25 April menurut kalender Julian, antara 4 April dan 8 Mei menurut kalender Gregorian, untuk periode 1900 dan 2099, jadi Jumat Agung dapat jatuh antara 19 Maret dan 22 April atau antara 1 April dan 5 Mei menurut kalender Gregorian.

Berita terkait: Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristen




Berita terkait
Glenn Fredly dalam Kenangan Mutia Ayu di Jumat Agung
Glenn Fredly dalam kenangan Mutia Ayu ketika peringati Jumat Agung.
ASN Dilarang Bepergian Selama Libur Paskah 1 – 4 April 2021
Menteri PANRB terbitkan larangan ASN bepergian saat libur peringatan wafat Isa Almasih atau Paskah pada tanggal 1 – 4 April 2021
Di Hungaria Menghias Telur Untuk Kenangan Saat Paskah
Kati Zsigo, seniman penghias telur terkenal asal Hungaria, Eropa, katakan kerajinan tangan berupa menghias telur jadi lebih penting saat Paskah
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.