Ampuh! Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Mencerahkan atau memutihkan wajah sebenarnya tak harus dengan menggunakan produk pemutih instan. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah.
Ilustrasi - Cara mencerahkan kulit wajah. (Foto: Tagar/iStokphoto)

Jakarta - Mencerahkan atau memutihkan wajah sebenarnya tak harus dengan menggunakan produk pemutih instan. Daripada wajah rusak akibat menggunakan produk pemutih instan, lebih baik beralih menggunakan bahan-bahan yang lebih alami.

Memiliki kulit wajah yang cerah bersinar memang jadi impian semua perempuan. Kebanyakan dari mereka pun menginginkan kulit putih secara permanen dalam waktu yang cepat. Nah, jika kamu memang ingin mencerahkan wajah dengan cepat, ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker, luluran, atau scrub.

Selain lebih aman karena menggunakan bahan alami, treatment ini tak hanya membuat wajah bersinar tapi juga dapat membuat kulit lebih lembap dan terhidrasi. Supaya hasilnya bisa dirasakan lebih cepat, kamu harus melakukannya secara rutin.

Kunyit, kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit merupakan satu di antara zat pencerah kulit yang populer. Senyawa ini juga efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam. Kunyit mampu memberikan kilau alami pada kulit.

Kita hanya perlu mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit, madu secukupnya, dan yoghurt secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke area wajah dan leher, lalu diamkan sampai mengering. Bilas dengan air hingga bersih dan dapat melakukan cara ini seminggu sekali.

Pepaya, diketahui bisa menjadi bahan alami memutihkan kulit wajah. Pepaya dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Hal ini berperan baik untuk mencerahkan serta menghilangkan flek hitam pada wajah. 

Pepaya bisa memperbaiki corak, mengurangi munculnya bekas luka dan noda. Cukup haluskan pepaya ditambah dengan perasan air lemon secukupnya. Aplikasikan ke area wajah dan leher dan diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci bersih.

Lemon, kandungan dalam lemon dapat memutihkan kulit wajah, yakni dengan menggunakan lemon. Lemon kaya antioksidan dan vitamin C. Menggunakan bahan alami ini diyakini dapat membantu menghilangkan noda pada wajah dan leher Anda. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup oleskan air perasan lemon ke area wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan ini dua kali seminggu.

Madu, madu memiliki kandungan asam alfahidroksi dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit. 

Di samping itu, penggunaan madu sebagai perawatan juga dapat mengurangi munculnya flek hitam. Dengan cukup aplikasikan madu ditambahkan air perasan lemon ke area wajah dan leher. Diamkan hingga kering dan cuci bersih.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
5 Bahan Hijab yang Cocok Bagi Wanita Berwajah Bulat
Wajah bulat terkadang membuat sebagian Muslimah bimbang dalam memilih dan mengkreasikan bentuk hijabnya di keseharian. Berikut bahan yang cocok.
Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Bercahaya
Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan. Berikut cara merawat wajah.
Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.