Amerika Optimistis Berhasil Melawan Pandemi Covid-19

Seorang pejabat kesehatan mengatakan "cukup optimistis" bahwa AS berada pada jalur yang tepat untuk mengendalikan pandemi virus corona
Jane Hassebroek sedang jalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum vaksinasi Covid-19 di American Museum of Natural History, di Manhattan, Kota New York, 14 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com - Caitlin Ochs/Reuters)

Jakarta – Seorang pejabat kesehatan pada Minggu, 16 Mei 2021, mengatakan "cukup optimistis" bahwa Amerika Serikat (AS) berada pada jalur yang tepat untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19).

"Terlalu dini untuk menyatakan kemenangan," kata Dr Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS dalam acara TV Fox News Sunday, “Kita harus tetap rendah hati.”

Namun, dia menambahkan, "Saya cukup optimistis bahwa kita berada di tempat yang baik sekarang, bahwa kasus-kasus terus berkurang."

pejalan kaki di bostonSejumlah pejalan kaki berjalan di Newsbury Street, Boston, AS, 2 Mei 2021. CDC mengatakan orang yang sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap tak perlu pakai masker (Foto: voaindonesia.com/AP)

Walensky menyampaikan penilaian umum tentang upaya AS melawan virus corona, beberapa hari setelah instansinya mengatakan 123 juta orang yang sudah divaksin dosis penuh di AS -sekitar sepertiga dari populasi- tidak perlu lagi mengenakan masker. Itu menandai kemajuan besar menuju kenormalan bisnis dan sosial.

“Sains memungkinkan kami untuk mengatakan bahwa orang-orang yang telah divaksin penuh, boleh melepas masker," katanya. Namun, dia menambahkan bahwa AS harus "mewaspadai varian-varian baru. Kita harus berhati-hati."

masker kampusImbauan untuk memakai masker tampak di kampus University of Southern California di tengah pandemi virus corona (Covid-19) di Los Angeles, California, 17 Agustus 2020 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Dia mengatakan mereka yang telah divaksin penuh "tidak berisiko mengalami penyakit Covid-19 yang parah atau dirawat inap. Apabila Anda belum divaksin, Anda tidak aman."

Dia menganjurkan warga AS yang belum divaksin agar segera minta disuntik. Dia mengatakan bahwa 90% warga Amerika berada dalam radius 8 km dari tempat pemberian vaksin (vm/lt)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Kembalikan Kehidupan Seperti Sebelum Pandemi Corona
Suatu langkah untuk kembalikan AS pada kehidupan seperti sebelum pandemi adalah panduan terkait longgarkan pemakaian masker di dalam ruangan
Biden Berharap Hari Kemerdekaan 4 Juli Amerika Bebas Corona
Joe Biden ingin AS bebas dari virus corona pada Hari Kemerdekaan 4 Juli 2021, vaksinasi nasional dicanangkan
Seruan Agar Warga Amerika Bersedia Divaksin Virus Corona
Pakar penyakit menular AS, Dr Anthony Fauci, serukan agar warga Amerika bersedia divaksin dengan salah satu dari tiga vaksin yang tersedia di AS
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.