Alasan Juru Kunci Serahkan Jenglot ke Yayasan Menara Kudus

Ini alasan Juru Kunci makam Mbah Buyut Akasah Desa Burikan serahkan jenglot temuannya ke yayasan YM3SK
Penampakan jenglot yang ditemukan di Makam Mbah Buyut Akasah, Desa Burikan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. (Foto: Tagar/Ist)

Kudus - Juru Kunci makam Mbah Buyut Akasah Desa Burikan, Kecamatan Kota serahkan jenglot temuannya ke Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK). Penyerahan ini didasari sejumlah pertimbangan.

Jenglot dikenal sebagai benda mistis dan langka. Kalau disimpan di almari makam, saya takutnya benda tersebut dicuri orang.

Juru Kunci Makam Mbah Buyut Akasah, Mamik Junaidi, 70 tahun mengungkapkan benda mistis itu diserahkan ke YM3SK dengan mempertimbangkan faktor keamanan.

"Jenglot dikenal sebagai benda mistis dan langka. Kalau disimpan di almari makam, saya takutnya benda tersebut dicuri orang," ujarnya saat ditemui awak media di rumahnya di Desa Burikan RT 2 RW 5, Kecamatan Kota, Senin, 1 Maret 2021.

Di satu sisi, Mamik mengaku tidak bisa membawa pulang dan menyimpan jenglot tersebut di rumahnya. Dengan alasan di rumah Mamik banyak anak kecil.

Baca juga: Ini 7 Fakta Menarik Penemuan Jenglot di Makam Keramat Kudus

YM3SK dijadikannya jujukan penyimpanan jenglot sebab Mbah Buyut Akasah merupakan keturunan dari Sunan Kudus, Sayyid Ja'far Shadiq.

"Mbah Akasah itu putranya Sunan Kudus. Jenglot ini ditemukan di kawasan Makam Mbah Akasah. Makanya, penyimpanannya kami serahkan ke Yayasan Menara," jelasnya.

Penyerahan jenglot tersebut ke YM3SK dilakukan pada Minggu siang, 28 Februari 2021. Dalam penyerahan tersebut Mamik didampingi sejumlah tokoh masyarakat Burikan menyerahkan jenglot tersebut pada KH EM Nadjib Hasan selaku Ketua YM3SK.

Terpisah, Humas YM3SK, Deny Nur Hakim membenarkan jika di jenglot tersebut disimpan di Yayasan Menara. Hanya saja dirinya tidak tahu pasti, dimana lokasi penyimpanannya.

"Benar disimpan dan diamankan di sini. Tapi dimananya saya tidak tahu," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah jenglot ditemukan di kawasan Makam Mbah Buyut Akasah Desa Burikan, Kecamatan Kota, Sabtu siang, 27 Februari 2021.

Jenglot berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan dalam posisi terlentang di luar cungkup makam. Tepatnya di barat Makam Mbah Gemblek.

Usai penemuan, jenglot berukuran 15-20 centimeter itu sempat dibersihkan dan disimpan di lemari makam. Hanya saja, pertimbangan keamanan jenglot tersebut akhirnya diserahkan ke YM3SK. []

Berita terkait
Kemenristek Setujui 9 Pengabdian Masyarakat UMK Kudus
Sebanyak 9 proposal pengabdian masyarakat dari Universitas Muria Kudus (UMK) disetujui Kemenristek. Program pengabdian itu dilakukan tahun ini.
Jogo Konco, 31 Wartawan di Kudus Ikuti Vaksinasi Covid
Sebanyak 31 wartawan di Kudus ikut vaksinasi Covid-19. Mereka merasa lebih aman ketika sudah divaksin.
Tabrak Truk di Kudus, Pemotor Asal Semarang Meninggal
Pengendara sepeda motor asal Semarang meninggal dunia kecelakaan di Kudus. Motornya menabrak truk dari arah berlawanan.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.