UNTUK INDONESIA
Air Panas Rana Roko di Flores Bisa Sembuhkan Impoten
Jika anda mengalami gangguan Impoten Mani encer serta penyakit kulit lainnya, mandilah di air panas Rana Roko
Mau sembuh dari mani encer dan gejala impoten, mandilah di air panas Rana Roko. (Foto: Tagar/Yos Syukur)

Manggarai Timur - Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal karena obyek wisatanya yang mempesona.

Dikabupaten ini ada beberapa obyek wisata yang tersohor seperti Pantai Pasir Putih Liang Bala, Pantai Cepi Watu, Danau Rana Mese, Danau Rana Tonjong dan masih banyak lagi lainnya.

Selain obyek wisata yang disebut di atas, ternyata Matim memiliki wisata air panas Rana Roko yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Air Panas Rana Roko bisa menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya mani encer dan gejala impoten.

Lokasi air panas ini terletak di area perkebunan warga kampung Wejang Kalo, Kelurahan kota Ndora, Kabupaten Manggarai Timur (Matim)

Obyek wisata ini berjarak sekitar  dua Kilometer (KM) dari kampung Wejang Kalo, atau lima (KM) dari pusat kota Borong ibu kota kabupaten Matim.

Berada di tengah perkebunan warga dan dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan hijau, lokasi ini menjadi sejuk dan menyegarkan.

Air Panas Rana RokoJalan menuju air panas Rana Roko di Kabupaten Manggarai Timur Flores NTT. (Tagar/Yos Syukur)

Untuk menuju ke lokasi ini, anda bisa mengikuti jalan tanah yang sudah di buka oleh pemkab Matim.

Karena suhu daerah ini panas, maka alangkah baiknya jika ke air panas ini pada pukul 07.00 pagi atau pada pukul 16.00 sore hari.

Air panas Rana Roko ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan hamparan perkebunan milik warga, sehingga udara di lokasi wisata pemandian air panas ini terasa sejuk dan menyegarkan.

Rabu, 17 September 2019, Tagar bersama dua warga Wejang Kalo berjalan menuju ke air panas ini. Cuaca cukup panas namun terbayar karena berjalan di antara pepohonan.

Pengunjung yang menuju ke air panas ini akan disuguhi panorama alam yang sangat luar biasa. Hamparan kebun kemiri, kakao milik warga sekitar dan pepohonan besar di kiri kanan jalan menuju sumber air panas Rana Roko sangat memanjakan mata.

Biasanya kalau di lokasi wilayah air panas, bau belerangnya akan terasa dan bahkan menyengat. Namun di air panas ini bau belerangnya tidak terasa.

Simpy Baru dan Hariyanto yang menemani Tagar menuju air panas mengatakan jika air panas ini memiliki khasita yang luar biasa.

Menurut Sympi, mandi di air panas ini bisa menyembuhkan kudis, kurap, panu dan penyakit kulit lainnya.

Selain kudis, kata Dia, asam urat, reumatik, pegalinu, nyeri sendi bisa diobati dengan cara merendam kaki dan mandi di air panas ini.

"Khasiat air panas ini sangat luar biasa, karena ketika rutin mandi disini maka kudis, kurap, panu dan asam urat, pegal-pegal bisa hilang secara perlahan," ujar Sympi.

Bisa Menyembuhkan Impoten dan Mani Encer

Menurut dia, selain bisa menyembuhkan penyakit kulit, mandi rutin di air panas ini juga bisa menyembukan penyakit gejala mani encer dan gejala impoten.

Air ini tidak panas, seperti air panas yang berada di tempat lain, kalau rutin bisa menyembuhkan penyakit yang dialami oleh laki-laki misalnya mani encer dan impoten

Dikatakannya, semua hal yang disampaikan karena dialami dan orang lain juga mengalaimnya dan semua tergantung orangnya juga, kalau dia meyakini bahwa air ini sebagai saran penyembuhan ya pasti akan mengalami perubahan, tegas Sympi.

Air Panas Rana RokoMata Air air panas Rana Roko. (Foto: Tagar/Yos Syukur)

"Ketika anda mandi di air panas ini, kotoran dan kulit kering akan keluar dan terkelupas dengan sendirinya," tambahnya.

Namun bagi para pengunjung, Lanjut Sympi, dilarang datang ke lokasi ini pada pukul 12.00 siang, kami warga di sini tidak berani meskipun banyak orang karena selain sepi dan sunyi konon ada cerita mistisnya.

Haryanto, seorang kepala tukang yang berasal dari pulau Jawa yang bersama Tagar menuju ke lokasi air panas Rana Roko mengatakan, kasiat air ini luar biasa. Biasanya kalau pulang kerja Haryanto pasti ke tempat ini untuk mandi.

"ya mas, kalau pulang kerja biasanya  langsung kesini, mandi air panas ini rasanya segar, namun kalau pulang mandi dari sini bawaannya ngantuk," ujarnya.

Dia meangkui, jika mandi di air panas ini maka semua kotoran akan keluar dengan sendirinya.

"Saya biasanya plester rumah tembok atau gedung, nah bekas semen biasanya melekat pada jari-jari tangan, sekalipun di cuci pake sambun, bekasnya pasti kelihatan, namun kalau mandi disini ya semuanya terkelupas dan jadi bersih," ungkap Haryanto.

Fasilitas pemandian air panas Roko masih belum maksimal dan belum dikelola dengan baik sebagaimana layaknya pemandian air panas yang ada di tempat lain.

Jalan menuju lokasi air panas yang belum diaspal dan akan menikmati keindahan alam jika berjalan kaki ke tempat ini dengan waktu tempuh kurang lebih 25-30 menit.

Ketika pulang jalannya lumayan mengelus dada, namun semua akan hilang karena pepohonan akan memberi angin yang sejuk untuk anda.

Mau sembuh dari mani encer dan gejala impoten, mandilah di air panas Rana Roko. []

Baca juga:

Berita terkait
NTT Provinsi Termiskin ke-3, Dana Desa Masih Dikorup
Mengacu pada data BPS tahun 2019, NTT merupakan provinsi termiskin ke tiga di Indonesia.
Korupsi Dana Desa Kades di NTT di Penjara Dua Tahun
Akibat korupsi dana desa Kepala Desa dan stafnya di Provinsi Nusa Tenggara timur di penjara.
Seluruh Rakyat NTT Berduka Atas Berpulanya BJ Habibie
Pemerintah Provinsi dan seluruh rakyat Nusa Tenggara Timur menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya BJ Habibie
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.