UNTUK INDONESIA
86 Warga Punjab, India Tewas Minum Alkohol Oplosan
Pejabat di negara bagian Punjab, India melaporkan ada 86 warganya yang tewas setelah minum alkohol ilegal alias oplosan.
Jumlah korban tewas setelah meminum alkohol oplosan di negara bagian Punjab, India terus bertambah dalam beberapa hari terakhir. (Foto: EPA|BBC News).

Jakarta - Pejabat di negara bagian Punjab, India Utara melaporkan ada 86 warganya yang tewas dalam beberapa hari terakhir setelah minum alkohol ilegal alias oplosan. Pada Sabtu, polisi menggrebek 100 kedai minuman, menyita puluhan botol minuman keras, serta menangkal 25 orang.

Baca Juga: Satu dari Empat Warga Delhi, India Terpapar Covid-19

Seperti diberitakan dari BBC News, Sabtu, 1 Agutus 2020, jumlah korban meninggal terus meningkat dalam beberapa hari terakhir Setiap tahun, ratusan orang meninggal dunia akibat minuman alkohol oplosan dari penyulingan gelap.

Pada Jumat, Kepala Menteri bagian Punjab, Amarinder Singh memerintahkan penyelidikan atas kematian tersebut. Laporan menunjukkan, minuman keras ilegal diproduksi dalam jumlah besar, dijual kepada pemilik kafe pinggir jalan dan kemudian didistribusikan ke masyarakat setempat.

Sebelumnya sebuah laporan yang dirilis Jumat menyebutkan, 10 orang yang kecanduan alkohol tewas setelah minum sanitiser tangan, di negara bagian selatan Andhra Pradesh. Kematian akibat alkohol ilegal banyak terjadi di beberapa pedesaan di India. Kemiskinan membuat para pecandu alkohol mencari minuman keras oplosan yang harganya jauh lebih murah dibandingkan yang bermerek.

Simak Pula: Artis India, Aishwarya Rai Bachchan Positif Covid-19

Para pembuat minuman keras oplosan biasanya mencampurkan metanol, suatu bentuk alkohol yang sangat beracun. Ini dipakai untuk meningkatkan efek kekuatan alkohol. Jika dikonsumsi dalam jumlah kecil, metanol dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan hati, dan kematian. []

Berita terkait
Alasan Asus Suntik Mati ROG Phone 2 di India
ASUS resmi merilis ponsel gaming terbarunya, yakni ROG Phone 3. Hal tersebut yang memungkinkan perusahaan menyuntik mati ROG Phone 2 di India.
Kasus Covid-19 di India Jumlahnya Tembus 1 Juta
India yang semula ada di peringkat bawah dalam jumlah kasus Covid-19 kini ada di peringkat ke-3 dunia dengan kasus tembus 1 juga di angka 1.005.637
Mont Blanc Mencair, Ditemukan Lembaran Koran India
Gletser Mont Blanc di Pegunungan Alpen, Prancis menyimpan banyak rahasia, salah satunya temuan lembaran koran India terbitan tahun 1966.
0
86 Warga Punjab, India Tewas Minum Alkohol Oplosan
Pejabat di negara bagian Punjab, India melaporkan ada 86 warganya yang tewas setelah minum alkohol ilegal alias oplosan.