UNTUK INDONESIA
Satu dari Empat Warga Delhi, India Terpapar Covid-19
Hasil survei yang dilakukan pemerintah menunjukkan, satu dari empat penduduk di ibukota India, Delhi, terpapar virus corona Covid-19.
Seorang polisi mencoba untuk mencairkan orang-orang yang berkumpul tanpa menjaga jarak sosial saat menerima makanan bantuan di tengah pandemi virus corona di Bahadurpura, Hyderabad, India, 5 April 2020. (Foto: gulfnews.com/ANI).

Jakarta - Hasil survei yang dilakukan pemerintah menunjukkan, satu dari empat penduduk di ibukota India, Delhi, terpapar virus corona Covid-19. Survei tersebut berdasarkan pada tes antibodi pada sampel acak manusia.

Survei tersebut menyebutkan, 23,48% dari 21.387 orang yang sampel darahnya diuji memiliki antibodi Covid-19. Ini menunjukkan bahwa penularan di kota jauh lebih luas daripada jumlah kasus yang dikonfirmasi.

Sebagian besar penduduk masih rentan dan semua langkah-langkah keselamatan harus dipatuhi dengan ketat.

Baca Juga: Artis India, Aishwarya Rai Bachchan Positif Covid-19 

Seperti diberitakan dari BBC News, Selasa, 21 Juli 2020, Delhi mencatat 123.747 kasus positif Covid-19, setara dengan kurang dari 1% populasi yang mencapai 19,8 juta jiwa. Dari sampel survei itu, jumlah terinfeksi bisa melonjak menjadi 4,65 juta.

Siaran pers pemerintah menyebutkan bahwa sejumlah besar orang yang terinfeksi tetap tidak menunjukkan gejala atau orang tanpa gejala (OTG). Persentase 23,48% mungkin terlalu rendah karena Delhi memiliki beberapa kantong populasi padat.

ilus covid 13 jutaIlustrasi: Warga India di masa pandemi Covid-19. (Foto: dw.com).

"Sebagian besar penduduk masih rentan dan semua langkah-langkah keselamatan harus dipatuhi dengan ketat," kata keterangan siaran pers itu.

Para ahli mengatakan studi itu yang merupakan di India, sangat penting. Sebab, akan membantu pihak berwenang memahami penyebaran virus dengan lebih baik.

Menurut siaran pers itu, survei ini juga membantu distribusi fasilitas pengujian Covid-19 lebih baik lagi. Selain itu juga membantu dalam merumuskan kebijakan penguncian khusus wilayah.

Delhi menjadi salah satu kota di India yang paling terpapar Covid-19. Ibu kota ini mengalami kekurangan tempat tidur perawatan pasien dalam dua minggu pertama Juni. Namun pemerintah India telah memperbaiki infastruktur yang sangat membantu penurunan jumah kasus.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di India Jumlahnya Tembus 1 Juta

Delhi mencatat 1.200 hingga 1.600 kasus baru sehari dalam dua minggu terakhir - sekitar setengah dari hitungan hariannya di minggu terakhir Juni. Pada Senin lalu, jumlah kasus positif Covid-19 tercatat 954. []

Berita terkait
Kasus Covid-19 di Mumbai, India Lampaui Wuhan
Mumbai yang menjadi pusat keuangan di India semakin risau dengan lonjakan kasus pandemi Covid-19.
10 Orang Terkaya India di Tengah Tekanan Covid-19
Harta kalangan miliader di India tergerus karena terdampak penurunan pertumbuhan ekonomi imbas pandemi Covid-19.
Pasar Jadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19 di India
Penutupan pasar Koyambedu yang luas di kota Chennai dilakukan setelah beberapa pemilik kios dan pekerja di pasar positif terpapar Covid-19.
0
220.000 Relawan Siap Menangkan Pradi-Afifah Pilkada Depok
Ada 2020 relawan yang siap menangkan Pradi-Afifah dalam Pilkada Kota Depok 2020.