UNTUK INDONESIA
50 Unit Huntap Korban Banjir Masamba Mulai di Bangun
Sebanyak 50 unit Hunian Tetap (Huntap) tipe 36 bagi para korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara mulai dibangun.
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Sulsel)

Masamba - Sebanyak 50 unit Hunian Tetap (Huntap) tipe 36 bagi para korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara mulai dibangun. Pembangunan ini dilakukan setelah lebih dari dua bulan pasca banjir bandang yang terjadi pada 13 Juli 2020 lalu, kehadiran hunian tetap ini diharap mampu menjawab asa para korban banjir.

"Pembangunan 50 unit Huntap ini merupakan tahap pertama. Pembangunan Huntap tersebut dipusatkan di Dusun Panampung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta," kata Nurdin, Jumat, 18 September 2020.

Pelaksanaan pembangunan Huntap tahap satu ini bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Sulsel.

Nurdin menyebut, pembangunan Huntap ini dalam upaya rehabilitasi pasca bencana di Luwu Utara. Tercatat ada 39 desa dan kelurahan terdampak yang tersebar di enam kecamatan. Bupati Lutra kata Nurdin aktif sekali untuk ingin memulihkan kehidupan masyarakat Lutra, khususnya yang di Masamba, di Radda ini.

"Secara total kebutuhan rumah sebanyak 1.295 unit ditargetkan rampung dalam kurun waktu enam bulan. Sebenarnya masih kurang. Tetapi, Insya Allah kita akan mencoba menggerakkan hati semua elemen masyarakat," jelasnya.

Mantan Bupati Bantaeng itu menyebut, untuk satu unit rumah dibangun dengan anggaran Rp 50 juta. Dengan standar layak huni berupa fasilitas seperti ruang tamu dan dua kamar.

"Pelaksanaan pembangunan Huntap tahap satu ini bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Sulsel," katanya.

50 unit ini tersebar di Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba sebanyak 20 unit, Dusun Panampung Desa Radda Kecamatan Baebunta 20 unit, dan Sinode 10 unit. []

Berita terkait
Doa 1.000 Lilin dari Gowa untuk Masamba dan Lebanon
Polres Gowa dan masyarakat berdoa untuk korban banjir di Masamba dan korban ledakan Lebanon. Mereka berdoa sembari menyalakan lilin.
Evi Masamba Ingin Maju Jadi Calon Bupati Luwu Utara
Artis dangdut jebolan salah stasiun TV swasta Evi Masamba berencana meju di Pilkada Luwu Utara.
Pesan Menko PMK ke Pengungsi Korban Banjir Masamba
Menko PMK Muhadjir Effendy menjadi khatib peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah bersama pengungsi banjir bandang di Luwu Utara. Ini Pesannya
0
Kapitalisasi Pasar Unilever Salip Emiten BUMN, Hanya Sesaat?
Sulit mengukur jangka waktu naiknya kapitalisasi pasar emiten yang menyalip emiten lain seperti Unilever yang mengungguli Bank Mandiri dan Telkom.