5 Penyakit yang Paling Sering Menyerang saat Mudik

Masa libur Lebaran telah tiba! Kamu pastinya sudah bersiap-siap untuk mudik. Berhati-hatilah, karena jika kamu tidak menjaga kesehatan tubuhmu.
Ilustrasi - Penyakit yang paling sering menyerang saat mudik (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Masa libur Lebaran telah tiba! Kamu pastinya sudah bersiap-siap untuk mudik. Berhati-hatilah, karena jika kamu tidak menjaga kesehatan tubuhmu, kamu bisa terkena penyakit sebelum dan selama perjalanan.

Tentunya itu bisa jadi sangat menyusahkan orang-orang di sekitarmu. Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang sering kali menyerang ketika menjelang dan saat mudik.


1. Diare

Bisa jadi ini datang karena kamu jajan sembarangan atau kebanyakan makan. Berhati-hatilah dengan masalah kesehatan ini karena diare tidak hanya menyiksamu secara fisik, tetapi bisa juga memengaruhi mental. Ini akan membuat perjalanan mudikmu menjadi tidak menyenangkan.


2. Mual-mual

Beberapa orang mengalami mabuk perjalanan. Rasa mual akan menghinggapi mereka sepanjang perjalanan dan bukan tidak mungkin mereka akan muntah. Dalam kondisi yang lebih parah, mabuk perjalanan membuat lemas sang penderita.


3. Asam lambung

Kalian akan merasakannya sebagai sakit perut yang melilit disertai serdawa dengan rasa asam yang tidak enak. Ini bisa disebabkan karena kamu telat makan dan membiarkan perutmu tidak diisi. Hindari dengan cara selalu mengisi perutmu, bisa dengan roti ataupun kue.


4. Sakit pinggang

Bagi mereka yang melakukan perjalanan darat, ini akan menjadi isu yang sering dialami. Sakit pinggang datang karena kamu terlalu lama duduk dan tidak melakukan kegiatan lain, seperti berdiri atau berjalan.


5. Dehidrasi

Siapkan air putih yang banyak ketika menghadapi perjalanan panjang yang bisa menghabiskan waktu lebih dari delapan jam. Kurang cairan tubuh membuatmu lemas dan susah berkonsentrasi. Lebih buruk lagi kalau kamu sudah merasa haus dan ternyata tidak ada air untuk diminum.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Selain ditanam langsung di tanah, lidah buaya juga bisa ditanam di dalam pot. Sebagai tanaman, lidah buaya tidak membutuhkan banyak perawatan.
Manfaat Air Wudhu untuk Kesehatan
Wudhu adalah kegiatan bersuci dari hadats kecil dengan membasuh anggota badan tertentu dengan air suci dan mensucikan disertai dengan niat.
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
Jambu biji juga mengandung Antioksidan tinggi dan juga vitamin yang terkandung didalamnya.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.