4 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Berinvestasi Cryptocurrency

Basar crypto sangat fluktuatif pergerakan harganya. Ini merupakan jenis investasi yang berisiko tinggi.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berinvestasi dalam cryptocurrency adalah salah satu dari banyak pilihan untuk menginvestasikan uang Anda. Belakangan ini pasar crypto dan peluangnya sedang ramai dibicarakan. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara teraman untuk menginvestasikan uang. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan uang Anda ke dalam investasi yang Anda tidak paham sama sekali.

Namun bagaimanapun, pasar crypto sangat fluktuatif pergerakan harganya. Ini merupakan jenis investasi yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan uang sehari-hari dalam berinvestasi di cryptocurrency. Tetapi jika Anda mempertimbangkannya. Berikut adalah cara cerdas untuk berinvestasi dan tetap memanfaatkan peluang dari pasar cryptocurrency sebaik mungkin.


1. Pahami cryptocurrency secara mendalam sebelum Anda berinvestasi

Sebelum Anda berinvestasi dalam cryptocurrency, Anda harus melakukan studi mendalam tentang koin yang akan Anda beli. Dengan cara ini, Anda akan lebih berpengetahuan tentang koin yang ingin Anda investasikan dan memahami utilitas yang disumbangkan koin tersebut ke dunia kripto.

Dalam bentuk investasi ini, seperti halnya forex dan saham, Anda harus benar-benar mempertimbangkan keputusan tentang pembelian serta penjualan untuk mendapatkan keuntungan, jadi berhati-hatilah dengan keputusan apa pun yang Anda buat, karena hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah berinvestasi dalam mata uang kripto yang Anda tahu sedikit atau tidak sama sekali.


2. Jangan berinvestasi berdasarkan tren semata

Seorang investor crypto yang cerdas tidak membuat keputusan berdasarkan tren saja, karena ini sangat berisiko. Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan berinvestasi di crypto, Anda harus berinvestasi berdasarkan risiko yang diperhitungkan dan mintalah orang yang tepat untuk panduan dan bekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup sebelum Anda berinvestasi.

Mengandalkan hanya apa yang dikatakan orang banyak tentang koin sama sekali tidak bijaksana. Harga mungkin saja dapat jatuh secara tiba-tiba, menyebabkan kerugian yang mengerikan. Menghasilkan uang di pasar crypto bukanlah seperti permainan anak-anak. Anda membutuhkan kesabaran dan pengetahuan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.


3. Pahami risiko Anda dan investasikan dana dingin

Mengambil risiko keuangan membuat beberapa orang gugup, sementara beberapa orang justru memanfaatkan momen dan mengambil risiko pada peluang potensial. Sebaiknya, jika mengambil risiko membuat Anda gugup, jangan berinvestasi di kripto. Ada banyak peluang investasi lain di luar sana yang tidak terlalu fluktuatif. Namun, jika Anda seorang pengambil risiko, investasikan hanya dana dingin yang tidak dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang terpenting, tidak ada aturan tentang jumlah dana yang Anda investasikan. Hanya karena teman ANda menginvestasikan $4,000, itu tidak berarti Anda harus melakukan hal yang sama. Jika Anda bersedia mengambil risiko lebih dari teman Anda, itu keputusan Anda, dan jika Anda bersedia mengambil risiko lebih sedikit, itu juga pilihan Anda. Yang penting adalah Anda berinvestasi dalam batas kemampuan Anda.

4. Proporsi uang investasi Anda pada lebih dari satu koin.

Strategi yang baik untuk mengurangi risiko adalah dengan menyebarkan investasi Anda ke beberapa mata uang kripto. Hal tersebut memang memiliki kesulitan lebih, tetapi lebih baik daripada berinvestasi hanya dalam satu koin. Cryptocurrency sangat fluktuatif dalam perubahan harganya.

Selain bitcoin, ada ribuan coin lain di pasar cryptocurrency. Anda hanya perlu menganalisis koin yang Anda akan beli. Pelajari dan pilih koin yang memiliki potensi, lalu Anda dapat membagi jumlah investasi ke beberapa koin crypto berdasarkan risiko yang Anda hitung.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga



Berita terkait
Gara-gara Elon Musk, Harga Kripto Shiba Inu Meroket
Efek Elon Musk telah menjadi pendorong utama dalam perubahan harga cryptocurrency yang dramatis setiap tahunnya.
Dana Investasi Kripto Mengalir Deras Selama 5 Minggu
Produk-produk dan dana-dana investasi mata uang kripto mencatat arus masuk selama lima minggu berturut-turut karena sentimen pasar membaik.
Coinbase Batalkan Program Pinjaman Kripto USD Coin
Coinbase Global Inc secara resmi telah mengumumkan pembatalan rencananya untuk meluncurkan program pinjaman USD Coin (USDC).