Pemerintah Kota Makassar

5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Anda

Semakin muda Anda melakukan investasi, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa depan.
Ilustrasi investasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Investasi jangka panjang adalah penanaman aset atau modal yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan keuntungan. Waktu yang dibutuhkan umumnya satu tahun bahkan hingga 10 tahun. Namun meskipun waktu yang dibutuhkan cukup lama, tetapi hasil yang didapatkan sepadan dengan dengan penantiannya.

Jika dilihat dari waktunya, investasi jangka panjang berjalan cukup lama. Maka dari itu, semakin muda Anda melakukan investasi, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa depan. Tapi perlu diketahui, sebagai seorang investor Anda harus berhati-hati, karena setiap investasi pasti memiliki risiko di dalamnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 investasi jangka panjang yang menguntungkan Anda di masa depan.


1. Properti

Properti adalah jenis produk investasi yang memberikan keuntungan yang sangat tinggi serta modal yang besar. Meski begitu, dengan memilih investasi properti, peluang Anda untuk mendapat kerugian terhitung kecil. Hal itu disebabkan, harga properti seperti tanah setiap tahunnya semakin meningkat bahkan mencapai 20 persen. Keuntungan lainnya dari properti adalah tidak terpengaruh oleh inflasi.


2. Emas

Emas merupakan logam mulia 99,9 persen yang berharga dan juga langka. Karena hal itulah keberadaan emas diklaim sebagai instrumen investasi yang menjanjikan. Tidak peduli bagaimana gejolak naik-turun perekonomian suatu negara, nilai jual emas cenderung stabil. Oleh sebab itu, jenis investasi jangka panjang ini banyak dipilih investor pemula karena memiliki risiko rendah.


3. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diberikan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman. Biasanya, suatu perusahaan akan menawarkan obligasi kepada para investor. Dalam surat tersebut disertakan bunga yang wajib dibayarkan oleh peminjam serta tanggal jatuh tempo pinjaman. Jangka waktu investasi obligasi biasanya sekitar 1-10 tahun.


4. Saham

saham merupakan instrumen investasi yang membuktikan kepemilikan perorangan atau perusahaan atas aset suatu perusahaan atau perorangan lainnya. Manfaat utama yang akan diterima oleh investor saham adalah pembagian dividen dan selisih harga jual dengan harga beli.


5. Reksa dana

Reksa dana merupakan sebuah produk investasi dalam bentuk kumpulan dana yang dikelola sebagai modal investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk, seperti saham, obligasi, serta produk keuangan dan investasi lainnya. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh manajer investasi yang membantu memilihkan produk saham terbaik untuk Anda.

Hal ini lebih mudah dilakukan terutama untuk pemula yang memang belum begitu paham tentang investasi saham. Namun, perlu diketahui jenis investasi jangka panjang ini memiliki sifat high risk-high return. Jadi, tetap berhati-hati dalam berinvestasi reksa dana. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga 



Berita terkait
Begini Cara Menentukan Jangka Waktu Investasi
Kunci utama dalam menentukan jangka waktu investasi adalah profil risiko dan kebutuhan dari masing-masing investor
Tips Deposito Berjangka dan Perbandingan pada 4 Bank Indonesia
Deposito adalah jenis investasi dengan risiko yang rendah dan investor mendapat suku bunga hingga 4,5 persen per tahun.
7 Tips Aman Investasi Emas Jangka Panjang
Emas telah memainkan peran dalam perdagangan dan transaksi baik untuk pedagang sederhana dan negara yang paling kuat. Berikut tips investasi emas.
0
5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Anda
Semakin muda Anda melakukan investasi, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa depan.